Pages

Jan 16, 2010

Tersingkir Lagi Dari Google

Menulis artikel kemudian muncul di halaman pertama google tentu sangat menyenangkan apalagi jika bisa muncul di urutan pertama mesin pencari yang cukup populer itu. Kenapa mesti google ya, karena memang google merupakan mesin pencari yang banyak digunakan dan kebetulan pengunjung blog ini yang datang dari search engine 90% berasal dari google.

Pertengahan bulan ini kejadian menyebalkan dengan google kembali terulang salah satunya melorot bahkan menghilang sama sekali dari hasil pencarian. Contohnya tulisan dengan judul Cara Menggunakan TeamViewer (Remote Desktop) sudah tidak lagi menepati halaman pertama google padahal sebelumnya tulisan ini ada di halaman pertaman pada posisi 3 dengan keyword "Teamviewer", walaupun jika dengan keyword lain tulisan ini masih muncul tapi tetap saja menghilangnya posting dari google dengan keyword tertentu sangat merugikan.

Yang lebih parah tulisan Cara Bermain EasyHits4U walau dicari dengan keyword yang sama dengan judulnya yaitu "cara bermain easyhits4u" masih terkalahkan oleh situs yang cukup membingungkan karena saya sama sekali tidak menemukan tulisan tentang Easyhits4u itu, tapi kenapa hasil pencarian google ada di halaman pertama pada posisi 2 ya ?

posisi hasil pencarian google

Lihat posisi ke 2 hasil pecarian google pada gambar diatas, setelah saya telusuri ternyata tidak ada tulisan yang saya cari pada situs tersebut.

Tersingkir dan melorotnya hasil pencarian google tentu saja akan berpengaruh pada traffic blog, betul ?. Walau kejadian ini bukan untuk pertama kali dan saya juga lihat dibeberapa blog lain mengeluhkan hal yang sama seperti ini.

Kira-kira apa penyebabnya posting menghilang dari google, apakah :
  1. Apakah karena blog jarang diupdate
  2. Apakah pengaruh copy paste
  3. Apakah karena merubah meta tag
  4. Atau karena google sedang melakukan perubahan lagi

Untuk alasan no 1-3 memang itu yang saya lakukan, karena hampir 2 bulan blog ini saya tinggal dan kalau untuk urusan copy paste memang ada tulisan yang dicopy paste dari blog ini tapi apakah berpengaruh pada hasil pencarian ?. Alasan ke 3 untuk urusan merubah meta tag memang beberap waktu lalu saya lakukan perubahan meta tag. Sedangkan untuk alasan no 4 saya tidak yakin apa google sedang melakukan perubahan lagi, tapi jika diperhatikan bukan cuma blog ini saja yang melorot posisi hasil pencarian pada google, banyak blog lain yang mengalami juga.

Kejadian seperti ini bukan pertama kali dan biasanya ada posting yang kembali muncul dengan posisi lebih baik tapi ada juga yang tidak muncul lagi atau entah ada dihalaman berapa karena saat saya cek Google Page Ranking sampai 1000 hasil pencarian dengan Google Page Rank SERP Checker masih ada beberapa tulisan blog ini yang tidak ditemukan.

Tulisan lainya:

5 comments:

a said...

(maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
Saya sendiri kurang paham dengan SEO macam gini. Bagi saya yang terpenting nulis, nulis, dan nulis. Kalau kemudian masuk ke halam satu atau dua google, ya syukur.

alamendah said...

(maaf) izin mengamankan KEDUA dulu. Boleh kan?!
nambah dikit, lantaran komen yang atas namanya kurang lengkap. hehehe

Blogger Admin said...

beberapa artikel q (6 judul) yang tadinya di halaman prtama juga dah tersingkir bang.....pegel aq hehe......tapi sekarang ada hits baru lagi....ada serangkaian keyword q yang muncul di halaman prtama...malah lebih banyak dari sebelumnya....

Miawruu said...

ah...nyante aja man... kalo mia ga pernah perhatiin blog mia ada di depan atau di belakang. Slama teman2 suka bertandang and baca2 di sana its fine for me hehehehehe simple tohhh

Belajar edit foto said...

kalo' menurut sy sich gak masalah, karena blog ini sy lihat udah PR 3 ko' (dibandingkan dgn sy, udah lama gak dapet PR), yang penting semangat Bro !!!