Pages

Jan 18, 2010

Masalah Penggunaan Indosat 3G

Indosat 3G UnlimitedIndosat 3G Broadband adalah layanan telekomunikasi mobile nirkabel yang mengusung teknologi 3.5G (GSM/ UMTS/ HSDPA) yang menurut info situs resmi indosat si kecepatannya bisa mencapai 18 Mbps. Indosat 3G dapat dinikmati di beberapa kota seperti Balikpapan,Banda Aceh, Bandung,Batam,Cepu,Cilacap,Denpasar,Jabotabek,Jepara,Kudus,Magelang,Makassar,Medan,Salatiga,Samarinda,Semarang,Surabaya,Yogyakarta.

Sekarang tersedia Paket Quota Regular dan Paket Unlimited, yang saya gunakan adalah pake unlimited eco (kalau ga salah) dah lupa namanya. Dengan biaya 100 ribu perbulan + PPN 10% jadi tagihan perbulan 110 ribu (jika tidak digunakan untuk keperluan lain seperti SMS dan Telpon) sekarang paket ini sudah tidak ada karena yang paling murah untuk paket unlimited adalah ISAT Medium dengan tagihan 300 ribu perbulan.

Ini bukan promosi Indosat 3G nya, saya cuma mau berbagi pengalaman penggunaan Indosat Unlimited yang saya sendiri lupa sudah berapa lama berlangganan bahlan sempet lupa bayar juga akhirnya diputus koneksi.

Salah satu cara untuk mempercepat koneksi Indosat 3G adalah dengan menggunakan Indosat Indosat Accelerator Client ga ngerti-ngerti amat si cara kerjanya yang saya perhatikan software ini bisa mengurangi kualitas gambar yang ditampilkan pada browser sehingga waktu loading page suatu halaman web akan lebih cepat.

Tapi belakangan ini ada beberapa masalah yang saya alami saat menggunakan koneksi Indosat, diantaranya :
  1. Sinyal yang sangat tidak stabil, saat enak-enak dapat sinyal 3G tiba-tiba sinyal ilang tanpa permisi.
  2. Susah berkomentar pada blog saat browsing dengan mozilla, seperti yang saya tulis pada Tidak Bisa Komen Di Blog Dengan Mozilla dan Indosat 3G
  3. Tidak bisa digunakan untuk membaca captcha pada beberapa blog/situs yang menggunakan captcha sebagai syarat berkomentar atau isian form (jika menggunakan browser mozilla), lengkapnya ada di Lagi Tidak Bisa Komentar Dengan Indosat Dan Mozilla
Yang paling parah adalah masalah no 1, karena dengan cara apapun kita berusaha mempercepat koneksi internet, percuma saja jika tidak bisa konek karena tidak dapat sinyal, padahal tempat saya di cibinong-Bogor termasuk Jabotabek bukan, ko sinyalnya payah ?. Dan saya pun menggunakan modem 3G + kabel tambahan hampir 2 meter buat cari posisi paling enak namgkep sinyal 3G, tetep aja sinyak seolah malu bertandang ke kamar.

Berbagai cara saya coba untuk menguatkan sinyal HSPDA Indosat sesuai yang saya baca dibeberapa blog yaitu dengan menambah kabel supaya posisi modem ada ditempat yang memiliki sinyal paling kuat, menggunakan wajan, tutup panci (mau masak kali ni sekalian), bahkan pake kaleng bekas obat nyamuk + CD yang katanya bisa memperkuat sinyal 3G Indosat.

Aduh aduh apa iya bogor masih terpencil ya, ko cari sinyal aja sulitnya bukan main, jadi inget waktu saya ada di hutan mau cari sinyal aja harus diem dibawah pohon kelapa, untung ga ketiban sama buah kelapa.

Yah ini mungkin sedikit banyak gambaran tentang kualitas koneksi internet Indonesia, karena saya coba beberapa provider lain kualitasnya sama aja, bahkan belum lama saya coba Mobil Broadband (EVDO) punyanya SMART dengan menggunakan modem ZTE USB Modem AC2728 dan saya tes masih di daerah JABODETABEK tepatnya didaerah Kramat Jati, padahal kalau kita periksa Jangkauan EVDO SMART ternyata Kramat Jati termasuk pada wilayah yang bisa dijangkau EVDO SMART. Tapi kualitas sinyalnya huh... gimana ya, ah lain kali aja deh saya bahasnya sekalian sama screen capture biar lebih afdol liatnya.

Walau mungkin tidak disemua daerah mengalami susahnya dapet sinyal 3G seperti saya, karena saya sudah tes dibeberapa wilayah tanggerang seperti Pondok Ranji dan Jombang dan daerah Jakarta Selatan seperti Petukangan kecepatan Indosat lumayan dan sinyal 3G full.

Mudah-mudahan besok lusa para provider internet Indonesia bisa meningkatkan kualitas koneksi internternya

7 comments:

Dwi Buitenzorg Purnomo said...

Ha,,ha,,ha,,,kasian amat sih mas,,,mau nyari sinyal aja nyampek pake peralatan dapur segala,,,,mendingan mase ambil aja yang diatas tower indosat yg kaya tutup panci itu,,,dipasang diatap rumah,,pasti kuenceng sinyalnya

irvan said...

@Dwi Buitenzorg Purnomo, iya ni padahal posisi kamar dah tinggi banget masih sinya indosat susah.

Boleh juga tu sarannya disini banyak tower tau tower operator apa, kalo punya tetangga tower air

Anggie said...

Saya juga pakai Indosat 3.5G, memang di beberapa tempat di bandung, sinyal 3G masih suka hilang, tapi ketika saat di jakarta, lumayan lancar :) Mungkin paket ini hanya bagus jika di jakarta,hehehe

xta said...

coba baca di sini ak dah praktekan beneran mantep banget kenceng khusunya pelanggan indosat ...

http://cool-design.info/artikel/internet/54-bagaimana-cara-supaya-internet-kita-cepat-dan-optimal

naufal said...

sama tuh mas, ditempat saya juga (baranangsiang, bogor) sering putus sendiri koneksinya. apa lagi ada masalah dgn indosat 3G?

Unknown said...

di bekasi gk pernah ada sinyal padahal kota besar ......
harus naek genteng dlu klo mw dapet sinyal 3G sama HSDPA

guntur wahyudi said...

sma di sini di daerah palembang malah sinyal nya 2g