Pages

Aug 12, 2009

Mengembalikan Dokumen Yang Disembunyikan Virus

Virus komputer mungkin bagi sebagian orang sudah dianggap biasa atau bahkan sering juga tidak peduli sama sekali, jangankan virus komputer virus flu babay (ba**) sensor ah, ada yang anggap remeh juga begini katanya "Ah Virus H1N1 (Swine Flu) itu kan dinegara-negara luar sana dianggap sepele" jiah haha punya ilmu kebal virus kali ni orang. Yang ada virus flu babi makin meluas.

Dah ngomongin virus flu babi saya ga ngerti dan ga mau salah ngomong tar urusannya runyam. Virus komputer terutama virus lokal biasanya banyak menyerang organ file dokumen MS Word orang yang sering menggunakan flash disk terutama saat di warnet atau rental komputer biasanya sangat bersiko tinggi kena virus.

Pernah ada kejadian saat saya sedang memperbaiki software di salah satu Rumah sakit, tiba-tiba datang seorang pegawai disitu kemudian dia bilang "OM" weh mang saya OM girang hihi, padahal dia lebih tua dari saya dan sudah punya beberapa anak, mungkin karena kebiasaan dia memanggil jadi saya di panggil OM juga. Dia bilang "Ko Dokumen Saya Hilang Semua Ni ?" Hilang gimana tanya saya, "Ya Hilang Satu Folder Tadi Dirumah Masih Ada Terus Saya Copy ke Flasdisk soalnya mau diprint sekarang isinya dokumen penting semua !". Kemuadian saya minta flash disk itu dan tancapkan langsung tanpa ragu ke Laptop saya, dan ternyata Folder itu disembunyikan dan termasuk semua dokumennya. Setelah saya scan pake Norton Internet Security 2008 dan mengembalikan dokumen yang tadinya ngumpet malu malu kucing itu kini normal kebali, si ibu pun tampak tenang.

Cerita belum berakhir karena ketika dia mau print eh ternyata komputer yang ma dia pakai sudah terkena virus dan kembali menyembunyikan dokumen itu, akhirnya saya ingat ada satu program kecil yang saya buat untuk mengembalikan dokumen yang disembunyikan virus, kemudian saya berikan sama ibu itu dan jelaskan cara pakainya, dan saya bilang jangan print di PC itu sebelum saya pasang anti virus baru.

Kejadian seperti ini mungkin pernah anda alami juga, karena hari ini saya baru mendapat keluhan lagi dari adik yang masih kuliah dia bilang tugas yang dibuatnya bareng temen-temen hilang diflash disk, padahal harus segara dikumpulkan. Ternyata di dalam flash disk itu ada virus harry potret eh harry potter, jiah namanya keren.

Itulah sebabnya saya menceritakan tentang program super mie sederhana yang saya buat setelah terinspirasi oleh program serupa yang saya lihat ada di virologi.info namanya "P3K Document Word Virus Diary.exe", tapi ada beberapa kekurangan yang saya rasakan diantaranya program ini hanya membaca drive secara keseluruhan dan biasanya akan memakan waktu lama jika harus melakukan perbaikan untuk satu drive misalnya drive C:\.

Karena merasa program ini cukup berguna terutama saat kebelet kepepet maka saya coba buat menurut versi saya sendiri dan fungsinya hanya mengembalikan dokumen (MS.Word) *.doc menjadi normal kembali.

Biasanya dokumen yang terkena virus sudah dirubah attributnya menjadi seperti gambar dibawah ini:

harry potter

Attribut "Hidden" tidak bisa dirubah dengan cara normal, biasanya orang merubah melalui command prompt (DOS) tapi tidak semua orang mengerti cara melekukannya, karena itu saya buat program seperti dibawah ini:

harry potter
Cara kerjanya cukup sederhana, kita tinggal pilih drive dimana dokumen itu berada kemudian akan tampil semua folder pada bagian kiri bawah (walau disembunyikan tetap muncul) dan setelah kita pilih folder maka dibagian kanan akan tampil dokumen yang disembunyikan itu (hanya file dokumen *.doc) jadi jangan khawatir buat anda yang menyembunyikan file lain tidak akan dibaca. Setelah muncul dokumen yang akan diperbaiki maka tinggal klik tombol "Perbaiki" dan semua dokumen itu akan kembali normal kembali. Sederhana saja..

Ada yang mau ?, memang masih belum sempurna karena tadinya mau saya tambah fungsi untuk mengembalikan setting registry yang sudah dmodifikasi virus, sperti "Folder Option" dsb. Tapi karena yang saya butuh hanya menormalkan kembali dokumen ya sementara hanya itu fungsi yang saya buat.
Ada yang butuh ?, komen aja soalnya blom sempet diupload.

"Update program dan source code baca disini"

5 comments:

Oca said...

Wuih tak kusangka keren kali "om" yang satu ini*ketawa..*
Keren banget nih, pasti bakalan banyak membantu mau donk. Eh ada enggak program yg ngebuat tagihan internet enggak banyak...hehehe

irvan said...

@Oca, jiah dia ikut panggil OM, gampang mau murah internet mah, jarang2 aja pakenya xixixi

Zippy said...

Weleh, mbok di upload to bro, heheh....
Kayak'x banyak yg butuh software'x :D

belajar blog said...

program apa tuh??
kayaknya praktis and portable
hehehe...
bikin sendiri...?????

berita unik said...

Bagi dunk...
saya juga mao
hehehe