Pages

Aug 9, 2009

Bisnis Online Atau Sulap ?

Apa hubungannya bisnis online dengan sulap kira-kira, sebetulnya ini cuma istilah saya saja karena sekarang ini banyak sekali orang yang bermimpi menjalankan bisnis online atau cari duit diinternet dengan mudah dan menghasilkan banyak uang.

Saya tidak akan menyebutkan satu produk bisnis online manapun, kenapa ? TAKUT ?....
saya tidak takut menyebutkan beberapa jenis atau produk bisnis online yang saya anggap hanya mimpi dan kadang mengandung unsur kimia penipuan tapi saya tidak mau ikut menghakimi mereka karena belum tentu saya lebih baik.

"Ah itu sama saja dengan TAKUT, itu hanya pengingkaran dan mencari posisi aman karena takut dihujat para pelaku bisnis online aneh bin ajaib itu" begitulah kira-kira petikan komentar temen-teman saya saat saya bilang akan menulis tentang masalah ini.

Bukan begitu sobat, alasan saya cukup sederhana menyikapi masalah ini :
  1. Tidak semua orang akan terima pendapat kita, walau kita sudah tunjukan setumpuk bukti, kadang kala pengambil keputusan akhir ditentukan oleh hati nurani bukan akal sehat.
  2. Ikut menghujat atau menghakimi orang lain tidak selamanya berakibat baik, mungkin kita harus ambil pelajaran saat ada kasus yang sampai masuk beberapa forum dan banyak sekali orang memaki otak sang pelaku bisnis tapi hasilnya orang yang disebut penipu malah semakin booming, mungkin bisnisnya tambah lancar, karena dia berhasil menunjukan sebagai orang teraniaya, ini yang bisa menarik rasa simpati.
  3. Sudah banyak blog yang membahas masalah2 seperti ini, bahkan ada yang sampai menganalisa dengan detail, tapi hasilnya toh bisnis online seperti itu malah makin menjamur, dan masih banyak orang yang tertarik, ga percaya lihat saja iklan2 yang makin bertebaran dimana-mana.
  4. Orang-orang seperti ini sangatlah cerdik, kadang mereka berhasil membuat orang yang kritis dan membeberkan keburukannya akhirnya hanya berakhir dengan cap "fitnah"

Itulah beberapa alasan saya tidak mau menyebutkan bisnis online yang saya anggap bagaikan sulap karena mereka menjanjikan keuntungan cepat dengan modal alakadarnya...

Saya sendiri pernah berdebat dengan teman dekat tentang bisnis yang mau dia jalankan, dia sangat tergiur karena sang pembuat program/pengelola bisnis itu berhasil menunjukan orang-orang yang telah berhasil dalam bisnis yang dia jalankan. Seribu jurus silat saya sudah keluarkan, tapi dia tetap keukeuh sumerekeuh pada pendiriannya.

Dari beberapa kasus yang pernah saya lihat baik online maupun dunia nyata, memang akan sangat sulit menyadarkan orang-orang yang mudah tergiur dengan hasil banyak dalam waktu singkat. Jadi buat saya sendiri

Ini pengalaman pribadi lagi karena ada beberapa teman yang sudah membeli ebook yang katanya bisa menghasilkan uang dalam waktu singkat, faktanya teman2 saya yang membeli ebook itu belum menghasilkan sepeserpun dari bisnis online yang katanya mudah. Memang penjual ebook itu sangat lihai memainkan jurus rayuan pulau kelapa ibarat sang pangeran yang pandai menuliskan seribu puisi indah untuk menaklukan putri cantik pujaan hati, lalu bilang "I Love U Full (pinjam istilah mbah surip: alm)"

Beberapa hal yang selalu jadi pertimbangan saya sebelum melakukan sesuatu:
  1. Apakah tindakan/keputusan saya akan merugikan orang lain ?. Jika ya, tidak saya lakukan (sok bijak,sok baik hati) terserah orang bilang.
  2. Apakah kemampuan saya memungkinkan untuk melakukannya, jika tidak/belum maka pikir-pikir lagi. Walau dalam beberapa hal saya selalu bilang "Kalau orang lain bisa kenapa saya tidak" tapi ini hanya untuk hal2 positif.

Masih bingung apa maksud saya ?, coba anda searching di google dengan kata kunci yang mengandung bisnis online, atau cari duit, atau cepat kaya dsb, dan coba juga anda tambahkan dengan kata "Penipu". Mungkin anda akan tau lebih banyak lagi.

Silahkan yang mau berkomentar.....

15 comments:

Eko Prasetyo said...

udah paham mas. ... tinggal sejeli apa kita membangun mimpi :D

irvan said...

@podcaster, hahaha padahal sendirinya dah jago tu, ayo ngaku....

Miawruu said...

terkadang ada jenis orang yg harus terjerembab dulu baru mau sadar. Jika ada teman kamu yg 'bandel' dan termakan rayuan pulau kelapa itu, ya udah. biarkan aja dia ngejalaninnya. toh kita sbg teman udah ngasih masukan, selanjutnya terserah dia mau ambil jalan apa.

kalopun nanti dia ga ngasilin apa2 dg bisnis onlinenya yg via ebook itu, kan bisa jadi bahan pelajaran am dianya buat ga terjatuh keduakalinya ke lubang yg sama. kalo masih juga dia ga kapok2... mana tu orang.. sini biar mia tabok biar waras kekekekekek

intinya, kehidupan teman kita adalah punya dia. enak ga enaknya dia juga yg ngerasain. kita sbg teman cuma bisa ngasih masukan yg postif sbg bahan pertimbangan dia. dia mau nurut apa ga, ya kita kembalikan pada orang bersangkutan.

irvan said...

@KucingTengil, jangan ditabok ah kasian, dicakar aja

Miawruu said...

hoooooooo... mia asah2 cakar dulu ya. biar tajam kayak wolverine :D

Imam Suharjo said...

Maaf juga nich.. tidak menyebut produk..

"Bisnis Online" yang memang menghasilkan tidak sedikit saat ini yang ber mode ON = "money Game" :) Yang, Sebenarnya bukan Bisnis

irvan said...

@Imam Suharjo, aga males sob nyebutinnya, nanti dibilang fitnah lagi haha, udah banyak si yang bahas terang2an nyebutin produkya apa aja & datanya ada juga yang lengkap, tapi ya begitu lah masih aja banyak yang dukung, jadi biarkanlah mereka sendiri yang menilai.

Kadang cuma kasian sama orang2 yang bener2 niat bisnis online.

genial said...

tp apa bukannya lebih baik cantumkan nama2 bisinis online tp yang gag bener itu kang...?!??! buat pembeljaran gtu... asal ada bukti minimal pengalaman klu bhwasanya bisnis tersebut cuma hoax ajja...

mksh uda mampir :)

irvan said...

@genial, nanti aja deh bang... kumpulin dulu infonya biar lengkap, tapi dah banyak si yang nulis yang ktanya "bisnis online"
seklian cari gaya nulis yang enak biar ga keliatan menyerang, soalnya kalo pake gaya menyerang pasti ga bakalan pada terima haha

blogpopuler said...

hahahaha..aku sudah dapat duit....mau share?

Unknown said...

Mesti hati-hati saja kali ya ?
Btw link sudah saya add juga ya, thanks :)

Zippy said...

Saya mah pilihnya yang pasti2 aja bro, yang tanpa modal, wkwkwkwkwkw.....
Cari info sana sini dulu di Google baru deh saya mw gabung :D

Salam kenal yah...
Mmapir2 :)

irvan said...

@blogpopuler, mau dong duitnya
@Yep, ok thx
@Zippy, sama sob sy juga cari dulu di mbah gugel, tapi sekarang lagi ga konsen kesitu, lagi asik belajar ngeblog aja

Dinda Watson said...

produk apa si mas?

Anonymous said...

Hello, as you may already noticed I am fresh here.
I will be happy to get any assistance at the beginning.
Thanks and good luck everyone! ;)