Pages

Aug 26, 2009

Keunikan Sebuah Password

Password yang serig kita buat, disadari atau tidak biasanya berhubungan dengan sesuatu misalnya berhubungan dengan kelahiran seperti tempat, tanggal dan tahun kelahiran. Setelah mengamati kebiasaan beberapa orang dalam membuat password, ternyata masih ada orang yang punya kebiasaan membuat password identik atau sama sehingga mudah ditebak.

Karena penasaran saya coba ingat-ingat lagi kebiasaan beberapa dalam membuat password, dan akhirnya saya simpulkan kebiasaan orang dalam membuat password yaitu:
  1. Orang yang selalu membuat password berhubungan dengan tanggal kelahiran, misalanya lahir 11 juni 1979, biasanya orang ini membuat password cukup simpel yaitu "110679" atau bisa ditambah nama tempat kelahirannya, atau beberapa karakter lain misalnya menjadi "110679_aa", saya masih menemukan orang yang membuat password seperti ini.
  2. Orang yang membuat password dengan merubah huruf menjadi angka, misalnya untuk huruf "A" dia ganti menjadi "4" atau "I" menjadi "1"
  3. Orang yang membuat password yang berhubungan dengan plat no kendaraannya misalnya "F2282XX"
  4. Orang yang membuat password dengan menggabungkan beberapa angka yang sering dia ingat misalnya no telepon, no rumah dll
  5. Orang yang membuat password secara acak atau tidak berhubungan dengan apapun.
Dan masih banyak lagi beberapa kebiasaan orang dalam membuat sebuah password tapi dari yang saya amati biasanya mereka membuat password pasti berhubungan dengan ssuatu yang mudah mereka ingat, sebetulnya kebiasaan mana yang sering anda lakuakan tidaklah salah kecuali jika anda selalu menggunakan tanggal kelahiran sebagai password karena ini sangat mudah ditebak.

Kebiasaan membuat password ini cukup menarik perhatian saya, dan ada beberapa yang sudah saya amati sejak lama, ternyata kebiasaan dalam membuat password ini kadang selalu diulang-ulang, misalnya:
  • Si A punya kebiasaan membuat password dengan hanya menggunakan tanggal kelahiran (seperti yang saya contohkan diatas), ternyata setelah saya pelajari dia selalu mengulangi kebiasaannya ini, saat membuat email, facebook dan lain2 dia menggunakan kombinasi tanggal kelahirannya
  • Si B kebiasannya merubah huruf menjadi angka, awalnya saya tahu kebiasaan orang ini saat saya tanya password komputer yang baru saja dia Install dan saya perlu mengakses komputer itu, kemudian dia bilang passwordnya "4dm1n" nah keliatan kan kebiasaanya mengganti huruf dengan angka, kejadian kedua saat orang ini saya minta membuat email untuk orang lain karena kebetulan saya sedang dipulau antah berantah yang sulit dapat koneksi internet dan sinyal telpon, ternyata dia kembali mengulangi kebiasaanya yaitu menganti huruf dengan angka (tapi bukan lagi "4dm1n"), kejadian ketiga saat dia membuat password untuk hosting yang baru kita sewa dan kebetulan dia yang mengurusnya, dan kembali dia ulangi kebiasaanya dengan membuat password menggunakan kombinasi seperti biasanya.
  • Si C kebiasaanya sulit ditebak karena dia membedakan penting atau tidaknya sebuah password itu unik, jika dia merasa password ini sangat penting maka dia akan membuat password yang benar-benar sulit ditebak karena menggunakan beberapa karakter selain angka misalanya "!_^!&*#"
  • Si D, ini dia yang berbahaya karena dia sering menggunakan password yang sama misalnya email, facebook, paypal dll. Masih ada loh orang seperti ini.
Karena yang paling menarik buat saya adalah kebiasaan si D, maka saya coba mencari tahu password yang sering dia buat dan suatu hari saya berhasil mendapatkannya, gimana caranya ?.. rahasia dong :D. Yang pasti bukan hasil tanya sama yang punya dan tidak menggunakan kombinasi tanggal kelahiran dan bukan orang yang masih punya hubungan keluarga dengan saya.

Sebetulnya saya cuma coba-coba iseng dengan membuka email orang ini dengan password yang saya sendiri tidak tahu apakah bisa digunakan untuk membuka email dia, ternyata berhasil :D, setelah sekarang ini ramai orang membicarakan hacking facebook otak iseng dan penasaran saya kembali muncul, ah siapa tahu passwordnya sama kemudian tadi saya coba login ke akun facebook dan ternyata berhasil, waduh ni orang ko punya kebiasaan kacau juga, sayang tadi saya lihat banyak teman-teman dia yang sedang online karena tekut ada yang curiga maka cepat-cepat saya logout.

Sebelum saya coba login ke facebook dia sebetulnya saya tanya dulu begini "Pak Facebooknya masih aktif ?" mancing-mancing dulu karena dulu akun dia sempet di banned, karena jawaban dia "Masih, sekarang udah bisa". Dalam hati saya bilang ah nanti malem coba masuk ke facebook dia, kalaupun ga berhasil saya coba masuk lewat email dia dulu. Ini baru facebook bagaimana dengan Paypal dia, karena dia punya paypal yang sudah verified..... Yang ini nanti lagi deh.

Saya sendiri tidak ada niat usil setelah tahu password orang ini, karena niat awal saya cuma sekedar mempelajari kebiasaan seseorang, karena kebetulan saya sering bertemu dengan orang-orang yang berbeda di beberapa tempat supaya bisa mudah bergaul makanya saya coba perhatikan kebiasaanya masing-masing, dan mencari tahu kebiasaan orang membuat password cuma iseng belaka, ga ada maksud lainnya.

Jadi berhati-hatilah dalam membuat password dan usahakan jangan membiasakan membuat password yang mudah ditebak orang lain, tidak selamanya orang yang berhasil mendapatkan password anda akan diam saja ada kalanya mereka melakukan hal-hal yang dapat merugikan seperti yang sekarang sedang ramai dicari orang yaitu bagaimana mencari password facebook dan ada beberapa teman saya yang sudah menjadi korbanya, kalau buat saya pribadi bukanlah hal yang membanggakan mencuri password facebook orang karena itukan urusan pribadi orang lain dan kayanya ga ada untungnya juga, walau ada juga beberapa teman yang punya alasan karena curiga dengan pasangannya maka mereka berusaha mencari tahu password orang yang dimaksud.

Ini salah satu percakapan saya dengan teman ketika dia mau cari tahu password facebook seseorang:

@teman: Gimana ya cari tahu password dia ?
@saya : Kenapa emangnya ?
@teman: Gue curiga ni mantanya masih sering kirim pesen lewat facebook.
@saya : Buat apa lo pacaran kalo ga percaya(sambil cengengesan)
@teman: Soalnya gue sayang ma dia...
@saya : Kalo sayang kenapa ga percaya ?
@teman: Ah sialan lo, bukannya kasih tau malah bikin gw emosi..
@saya : Ya mang bener si... balik lagi aja ke jaman purba waktu ga ada HP, ga ada internet kan susah tu mau selingkuh :D
@teman: Ah cepeten dong... kasih tau.
@saya : Ya ga tau gimana caranya, kalo mau gampang suruh aja buka facebook dari HP lo, terus pas dia udah login lo ambil deh tu HP pura2 mau pake telpon ke, daripada pusing-pusing.
@teman: Ah bener juga lo.

Itulah salah satu alasan orang ingin mencari tahu password orang lain. Kemajuan teknologi sebenarnya kembali lagi ke pribadi masing-masing mau digunakan untuk yang bermanfaat atau sebaliknya. Kalau saya sendiri cuma sekedar tertarik mempelajarinya karena kadang kasian juga beberapa teman yang mengeluh password mereka ternyata sudah berubah, mungkin yang paling gampang dilakukan untuk mencuri password sesorang adalah melalui email, dan lain kali akan saya jelaskan lebih lanjut untuk menghindarinya.

12 comments:

Miawruu said...

hmmmm... mia termasuk tipe suka yg unik bikin password. Tapi saking uniknya malah suka lupa. Kepaksa deh direset ulang lagi hahahaha

Tips buat yang suka bikin password unik.... JANGAN PIKUN!!!!

raiderhost said...

xixixixi percapakapannya lucu bener ...

bikin gregetan :))

ditunnggu mampirnya .. ntar sore ada buber di raiderhost.com

sawali tuhusetya said...

hmmm... kalau bikin password, saya biasa menggabungkan antara huruf dan tahun kelahiran. biar ndak repot ketika harus mengingatnya.

belajar blog said...

Kalo saya sih bikin blog berdasarkan tingkat narsis saya mas
kayak tuafan ganteng banget, taufan cowo kece dan lain-lain

Oca said...

Wah bahaya donk berteman ama Irvan entar passwordnya ketauan hihihi. Ini ada sesuatu buat kamu silahkan diikuti link di atas

mel said...

disitulah uniknya,makanya kalo bikin pswd PIN bank,,atau paypal ga boleh pakai tgl lahir,

Dream Competition said...

wah..gawat..gawat.semua cara yang di atas saya lakukan semua hihih.

buxbag said...

wah... bahaya bahaya...

btw.. lucunya, hari ini di kampus ada presentasi mata kuliah etika. Dan salah satu temenku presentasi tentang kode etik hacker (cracker) + software2 untuk hacking dan cracking

Hahaha.. ternyata emang password itu asik-asik berbahaya

Ali Masadi said...

waduh paswordku bisa ketahuan nih.. ohya.. salam kenal..

irvan said...

@buxbag, haha bagus juga tu presentasinya
@Ali Mas'adi, salam kenal juga mas

Mengembalikan jati diri bangsa said...

Bener juga loe sob, gw sering tuh buat password pake nomor hape *eeiit, tar loe hack lagi blog gw* :D
Tapi mang iya cih, ga bagus buat satu akun pake no hape atau tgl lahir
thanks sob atas peringatan 'dininya'

Luthfie Fadhillah said...

woo..informasi yang sangat bagus nee

tq yaa.