Pages

Aug 6, 2009

Berkomentar Demi Backlink ?

Seringkali kita berkomentar demi backlink, terutama pada blog yang menganut dofollow walaupun memang tidak semua orang yang berkomentar demi sebuah backlink, karena jika saya membaca artikel tentang apa itu dofollow dan apa pengaruh berkomentar pada blog dofollow ternayata banyak juga yang bilang mereka berkomentar karena mereka suka dengan artikel itu bukan untuk mencari backlink ada juga yang bilang yag penting ngeblog jalan terus mau dofollow atau nofollow ga masalah.

Backlink memang sangat banyak diminati orang yang berusaha meningkatkan Page rank dan meningkatkan posisi blog mereka pada search engine. Biasanya pada blog dofollow atau tar pada blog yang memajang "U Comment I Follow", walau tidak selamanya blog yang memajang kata-kata itu benar-benar dofollow entah lupa mungkin ya (jangan berprasangka).

Blog dofollow apalagi page rank sudah tinggi tentu menjadi incaran banyak pemburu backlink dan kadang mereka berkomentar secara berlebihan dengan menuliskan link/url mereka pada isi komentar. Ini dia yang menarik karena banyak orang khawatir blog mereka dikotori komentar seperti ini biasanya mereka menggunakan moderasi komentar.

Pertanyaannya betulkan dengan memberi komentar disertai link pada isi komentar (blog dofollow) akan memberi backlink juga. Dalam beberapa kasus hal ini ternyata tidak berlaku, artinya blog dofollow kadang hanya berlaku pada bagian profile sang komentator tidak pada isi komentar, mau bukti. ?

dofollowini percobaan yang saya lakukan pada blog dofollow, kebetulan saya tes pada blog saya yang lain, sebetulnya saya melihat ini pada blog dofollow lainnya karena saya kurang yakin maka saya tes sendiri dan karena saya takut orang yang berkomentar dengan menyisipkan link pada isi komentar tersinggung maka saya lakukan percobaan sendiri.

Kesimpulan gambar diatas:
Bagian profile (alexa anjlok) dengan link pada salah satu posting di blog ini, memang benar masih berlaku dofollow, ini terlihat jika saya lihat "source code" maupun dengan menggunakan toolbar untuk cek dofollow atau tidak

Bagian isi komentar ternyata sudah "nofollow" saya cek sendiri source code dan bisa terlihat pada gambar warna link berbeda dengan link profile(alexa anjlok) ini meandakan bahwa link pada isi komentar tersebut masih terdapat ref="nofollow".

Hal ini saya temukan pada blog yang menggunakan blogspot, karena tidak smeua blog seperti ini, saya lihat pada blog yang menggunakan wordpress dan lainnya kadang tidak terjadi seperti kasus diatas, entah lah mungkin mereka menggunaka plugins khusus.

Upps tapi tenang kawan masih ada cerita lagi ni, masih kuat lanjut baca kan ?

Ada lagi yang menarik ketika saya menemukan komentar seperti kasus diatas tapi toolbar menganggap link tersebut dofollow, ini buktinya.

backlink dofollowMasih pada blog yang sama saya berkomentar dan perhatikan baris paling bawah, ternyata toolbar (SearchStatus.) menganggap itu termasuk "dofollow", karena pada link itu saya menambahkan code XXXXX, kenapa bisa... ? silahkan anda cari lebih lanjut ya, saya takut dibilang sok tahu.

Saya sendiri tidak tahu pasti apa yang akan terjadi dengan baris terkahir tersebut apakah itu akan dianggap google sebagai backlink atau tidak, ini jika kita meggunakan "teori" bahwa backlink dapat diperoleh dari blog dofollow.

Ayo ada yang punya pendapat, jangan malu malu berkomentar ya, supaya ornag-orang seperti saya tidak bingung lagi, karena banyak artikel yang membahas dofollow isinya cuma bla bla bla, atau pukul rata akhirnya saya sendiri bingung (maklum namanya pemula haha)

Sebetulnya masih ada lagi yang berhubungan dengan dofollow dan backlink, tapi nanti saya lanjut di tulisan lainnya, karena tulisan ini sudah terlalu panjang, saya takut pambaca malah pada kabuuuuuur sebelum selesai baca. Mudah-mudahan berguna, silahkan pelajari lebih lanjut.

Posting lainnya:
  1. Kesalahan Yang Indah
  2. Cek Dofollow Dengan SearchStatus Toolbar
  3. Saya Ditipu Browser Internet
  4. Saya Berkomentar Karena Saya Suka

8 comments:

Blog Kesuksesan Hidup said...

Artikel yang sangat menarik dan bermanfaat apalagi bagi seorang nebie seperti saya :)

Blog Kesuksesan Hidup said...

Saya sebenarnya masih belum terlalu paham dengan backlink dari komentar...maklum masih newbie :)

Kalau berkomentar utk mendapatkan backlink, saya lakukan kecuali sebuah blog memasang widget top komentator... itu baru sy ngerti...hehehe

Sama seperti sobat Irvan, saya berkomentar kalau saya suka, karena artikelnya menarik, dan pantas mendapatkan apresiasi walaupun hanya melalu komentar...

Tetaplah berbagi sahabat :)

Sukses Selalu...

aldy said...

Ya sama-sama belajar Van, belajar ngeblog. Saya lebih suka dengan istilah "saya berkomentar karena saya suka", gak pas buat saya, sudah mengunjungi sebuah blog tanpa memberikan komentar. Backlink ? he...he...entahlah ndak paham saya.

Eko Prasetyo said...

klo gini gue ndak mudeng mas.. sumpeh soale gambar atas ma bawah bedanya cuma baris terkahir ada tulisan tambahan.

klo komentar dengan http://raiderhost.com nanti dofollow ndak mas ??

mencoba loch ini

Eko Prasetyo said...

ternyata tidak yach :D kok para kontestan seo itu bisa nulis lebih dari 4 link yach :D

jadi mumet :) makluk nyubi .. mohon penjelasannya mas

irvan said...

@aldy, ya memang seharusnya berkomentar bukan sekedar demi backlink, karena semuanya sama2 membutuhkan

@podcaster, sebetulnya gambar itu sama, tapi saya potong & [gambar ke 2]untuk baris terakhir saya kasih tambahan kode lagi pada komentar itu jadi bukan cuma pake
[a hef=",.......>xxx.com] gitu, makanya hasilnya beda alias masih dianggap dofollow
sya sendiri ga tau nanti gugel anggapnya apa.

coba aja cek disitus yang bisa nampilin backlink misal http://www.backlinkwatch.com
pasti ampir semua komentar yang pernah kita buat masuk jadi backlink.

Oca said...

Kalo Oca sih komen pada sebuah blog karena 1 artikelnya membantu, ke2 blogwalking, ke3 ngerti isi postingannya kalo enggak ngerti no komen, terus pa lagi ya oh iya yg ke4 kunjungan balik ke blog lain tp dia enggak punya t4 buat ninggalin jejak yah jadinya komen deh. Kan pada lumayan buat nambah teman..hehehe

Jualan Barang said...

pagi ini q mengunjungimu