Pages

Oct 14, 2009

Review Koneksi Internet Smart

Makin banyak pilihan koneksi internet karena makin banyak provider yang menyediakan jasa ini salah satunya smart, karena penasaran juga pengen tau kualitas smart akhirnya saya coba pakai smart selama lebih dari 1 minggu.

Hal yang sangat menarik dan saya kutip dari smart, kenapa menarik silahkan baca sendiri karena saya juga masih agak bingung bacanya

Untuk internetan unlimited harian telp *333*1, mingguan *333*7, bulanan *333*30. Info www.smart-telecom.co.id. Keterangan:
  • Satu IP Publik untuk satu user paket ultimate yang bisa dikenali oleh jaringan global internet.
  • Tidak perlu menunggu lama untuk download dari website tertentu yang memberlakukan limit berdasarkan IP Publik.
  • Minimasib delaly
  • Proses lebih cepmat/tidak patah-patah untuk aplikasi tertentu seperti VOIP, streaming, dan online gaming
Kata-kata yang saya cetak tebal adalah bagian yang tidak saya mengerti, terutama kata-kata "website tertentu" maksudnya website mana ni, coba download dari rapidshare dan ini hasilnya :
rapidshare dengan smart
Bener ga usah nunggu lama, karena memang ga bisa download, ngapain ditungguin


Buat download aja begini, gimana ya hasilnya jika koneksi smart kita pakai untuk main PTC, sepertinya besar kemungkinan anda dapat masalah karena ditemukan IP yang sama dengan user lain, kejadian ini saya pernah alami saat mengunakan starone, karena banyak situs PTC yang memunculkan pesan bahwa IP sudah digunakan.


Lihat kata-kata yang saya beri warna merah sepertinya itu salah tulis, atau ini alasan kenapa kecepatan smart jauh dari angan-angan "cepmat" != "cepat" , atau bisa jadi "cepmat" = "cepat mati" , "cepat kumat" , kumat lagi DC. Ni buktinya :

koneksi smartIni dia yang sering "cepmat" (cepat kumat) sebentar-bentar koneksi putus nyambung, padahal diawal-awal menggunakan smart kejadian ini ga pernah ada. Mungkin karena sudah semakin banyak orang yang menggunakan jasa provider yang satu ini,jadi kualitas koneksi berkurang.

Kecepatan Koneksi Smart


Untuk masalah kecepatan koneksi smart, selama saya pakai smart ternyata kecepatannya hanya lebih baik sedikit jika dibanding dengan kecepatan koneksi internet dengan GPRS, kalau urusan download kecepatan rata-rata yang saya dapat 3 Kbps - 15 Kbps, baik menggunakan flashgate maupun hanya mengandalkan mozilla.

Kecepatan maksimal yang pernah saya dapat hanya 23 KiB/s dan itupun sangat jarang.

Kesimpulanya:
Untuk penggunaan di daerah saya sendiri
(cibinong) kualiatas smart boleh dibilang lumayan karena jika kita lihat harganya yang sangat murah ya wajar saja jika koneksinya seperti ini, karena kualitas koneksi masih sangat dipengaruhi beberapa faktor lainnya seperti lokasi, hardware terutama modem yang digunakan, traffic jaringan dsb, jadi wajar jika kualitas yang dirasakan setiap pengguna akan berbeda.

Beberapa cara sudah saya coba untuk meningkatkan kualitas koneksi internet dengan smart ini, termasuk dengan merubah manual beberapa settingan registry, tapi hasilnya tidak berpengaruh sama sekali.

Jika diibaratkan jalur koneksi internet adalah sebuah jalan tol yang sudah sangat padat, walaupun kita pakai mobile F1, pasti hasilnya sama aja jalan kita akan tersendat-sendat karena masalahnya bukan pada sarana yang kita gunakan tapi pada jalur yang akan kita lewati. Atau ada yang punya pendapat lain ?

Jadi yang bisa kita tunggu adalah kapan para provider internet ini akan menyediakan jalur yang cukup lebar sehingga kita para pengguna bisa menikmati koneksi internet dengan nyaman.

Bukan maksud menjelek2kan pihak smart, dengan menampilkan tulisan2 diatas, tapi memang ini kenyataannya, mudah2an SMART bisa meningkatkan kualitasnya

50 comments:

asep canda said...

lambat banget kelihatannya ya sob smart hehehehehe

irvan said...

@asep canda, ya begitulah, ini bahayanya kalo selalu pake prinsip "biar lambat asal smart"

Luthfie Fadhillah said...

Smart CDMA kan..

CPET ya

irvan said...

@Luthfie Fadhillah, iya CDMA

alamendah said...

Saya juga selalu menunggu kapan provider menyediakan jalur internet yang cukup lebar sehingga membuat saya nyaman untuk bloghicking.

alamendah said...

Laporan dulu...

kamar 360 telah saya masukkan dalam blogroll saya. Silahkan dicek sendiri. Jika ada yang kurang berkenan, silahkan tinggalkan pesan di halaman kontak saya

(Maaf agak telat masang tautannya)

ariosaja said...

mantab bro revienya, aku juga pernah pake Smart, tapi karena jaringnnya di depok gak gaul... hanya 2 minggu aja trus aku jual deh HPnya

pututik said...

Ya kalo realnya seperti itu tidak ada masalah kan kita bicara apa adanya, supaya nanti ditambah nodenya didaerah sampeyan. Saya sendiri pengguna truff, ketika di jakarta lambatnya minta ampun. Tapi pas di semarang dan jogja cepet hingga 150kbps suwer :D

linduaji said...

saya juga pake smart :(
lumayanlah walaupun harus pake wajan buat ngumpulin sinyal.
hiks

aRi isTiadi said...

tips yang bagus
oia tukeran link yuk

link bos dah saya pasang di blog saya

Aneka tips said...

Wah-wah...sama-sama make smart nih. O ya itu yang gratisan katanya kalau udah 6 bulan ga bisa dipakai lagu ya?

irvan said...

@Aneka tips, kurang tau juga sob, coba liat situsnya aja smart-telecom.co.id, sy cuma ngetes aja, soalnya sy masih pake indosat 3G (matrix)

syd said...

Saya ga pake smart,, soalnya ga dapet sinyalnya :D

JT said...

aye juga pake smart, tp di gandeng ma flexi. sama2 unlimited maks 230 kbp/s. lebih lumayan. reg harian, mingguan krm k 2255. 2500/24 jam :DDD

belajar blog said...

Yah gitulah kalo unlimited dengan harga murah...
Kualitas jadi tidak di jaga

koleksi mainan said...

SMART...
Huhu...Saya ga pernah pakai, tapi di semarang lagi rame yang pake

berita unik said...

Beragam Koneksi, Beragam pilihan dan Beragam Masalah
itulah kualitas produk yang ada di Indonesia

mato said...

coba utak atik setingnya pasti bisa, alternatif lain coba ganti dns, sebelumnya reg harian dulu ambil yang speed nya tinggi trus copy dns na (dns liat di ipconfig/all)buat ambil dns na trus coba masukkan dns trus simpan permanen di networking internet protokol. ingat jangan menyerah pasti bisa

calist said...

ada cara buat menigkatkan kecepetan smart ga ya, aku dah coba berbagai cara meningkatkan koneksi smart sampai ubah registry segala tapi belum keliatan hasilnya

Anonymous said...

gw juga pake smart, kadang mang lemot banget

willy weblog said...

mantab n menarik

h4ns said...

didaerah saya smart sudah semakin stabil sob,sudah jarang DC dan jarang mengalami koneksi down lagi. terkahir saya test di speedtest.net dapat 0.14 mbps(download) dan 0.07 mbps(upload) http://www.speedtest.net/result/582900100.png

Anonymous said...

gw juga pake smart, lumayan juga speedy smart tapi kalo buat download lumayan lelet

Anonymous said...

smart nggak bisa buat remote desktop atau download di ftp

Anonymous said...

smart murah emang begitu kadang bagus kadang sedeng kadang2 harus telp 882 utk beritau keadaan yg ga nyaman...sy akui dari sekian banyak koneksi inet mobile yg paling bagus indosat 3.5G maupun via Lintasarta Namun No via IM2 walau satu grup hehehe namun juragan indosat kualitas bagus harga premium yah wajarlah masa bintang lima tarif melati hehehehe Maju terus Smart jadi pionir inet murah di tanah air...biar kompetitor lain pd turunin harga hehehehe

Anonymous said...

kenceng kok untuk evdo rev a nya smart...
trus klo gak bs download rapid krn "already downloading"..tu krn kita pake ip public yg dipakai bbrp user(utk unlimite paket platinum kebawah)
nah yg dimaksud gak akan nunggu lama tu kalo kita pke paket "ultimate",itu kita dijatah 1ip public dan cm untuk 1 user...jd utuk rapid misalnya..klo kita download gak bakalan benturan dgn user lain alias gak bakalan nunggu...

Anonymous said...

saya juga pake smart. platinum 30 hari. selama 3 minggu terakhir lambat sekali. apalagi dipake download rapid. kecepatan paling hanya 4.5-6.0 kb. pake im2 bisa 30.0 kb gimana nih smart??? :(

imam prayogi said...

Yang Direview diatas smart tekhnologi EVDO bukan mas?... Soalnya gua mau pake yang EVDO...katanya kecepatanya 3.1Mbps 1bln cuma 150 rb.

irvan said...

@imam prayogi, bukan EDVO tapi ini yang unlimited harian, soalnya daerah saya belum masuk ke area jangkauan SMART EDVO

Anonymous said...

yang namanya paket unlimited dengan harga murah di indo sih koneksi lama2 pasti ancur dah. dulu indosat juga gitu. sekarang penasaran dengan paket platinum smart, ya mudah2an smart bisa belajar dari pengalaman indosat dulu waktu ngeluarin paket unlimited.

Reno said...

Gw sih pake XL unlimited, cepet kok....gak pernah putus tiba2. Memang ga semurah SMART, XL agak lebih mahal sedikit awalnya.
1. Paket Flash disk = +/- 900rb
2. Paket modem ext = +/- 1,2jt
terus per bulannya tinggal bayar 150rb dan pake deh internet sepuasnya.
Oh iya, kalo mau beli mending yg paket Modem External, soalnya kata salah satu CS di XL center, yg Flash disk cepet panas.
okeh mudah2an bisa jd pertimbangan temen2 sekalian.

desiedi said...

sebenarnya smart melakukan perubahan pada ping kalo pertama beli kasih ping ip jakarta jadi cukup cepat tapi setelah makai 1 / 2 bulanan di over ke ping surabaya jadi ping menjadi besar dan lambat . saya pakai yang c700 tahu dari speedtest yang saya lakukan jakarta pingnya sekitar 1300 an tapi surabaya bisa sampai 10000 an super lambat

Anonymous said...

Giaman cara mempercepat koneksi SMART ya, solanya makin lelet ni apalagi kalo ujan wah susah banget deh mau konek sering putus

kelirirenk said...

Harga menentukan kualitas, diterima aja... hehehehe.
Tapi sapa tau si pihak SMART baca-baca disini, sapa tau mereka akhirnya "sadar" untuk menambah lebar bandwith-nya.
Sayangkan jadi pelopor internetan murah, tapi baca dicela.

ndafender said...

tukang tipu yeeeee bandwith 2x taunya no bandwith dasar anjiiiinnggg

blog iseng said...

Tergantung jaringan dan paket yg kita ambil dan yg utama adalah kepadatan BTS... Klo bts padat jangan harap dapet speed kenceng.

(kunjungan balik ane bos).

Ardhi said...

di kendal malah makin luambat banget... cuman 2-3 kbs T_T

Felix said...

Saya pake smart tapi yg EVDO, lumayan kok. kalo download rapidshare (premium) bisa smp 200Kbps.
Tapi nggak tau kalo yang paket yang lain. So far, paket 150rb masih lebih memuaskan daripada paket flash unlimited yang dulu saya pake.

Irvan said...

@Felix, kayanya bisa jadi bahan pertimbangan ni, sy juga udah mulai bosen sama koneksi yg sy pake sekarang udah bener2 parah, nanti mau coba2 dulu ditempat temen yg pake smart siapa tau sekarang udah lebih bagus

Unknown said...

emang parah bnget smart..
bagus nya kalo jam ronda aja

Anonymous said...

Di Indonesia emang blm ada tuh layanan internet murah yg "layak pakai". Dari dulu kalo ada internet murah ya udah pasti ancur-ancuran kualitasnya. Harga murah dgn speed tinggi cuma sekedar jurus yg lagi trend di kalangan penyedia internet kita bwt menarik pasar sebanyak-banyaknya. Soal kualitas? Haha... Boro2. ULTIMATE LOSER.
Gw pribadi lebih penting kestabilan koneksi daripada gembor2 speed tinggi tapi gak stabil.

Irvan said...

@Anonymous, nah tu dia apa yg stabil kayanya ampir semua sama aja cuma iklan murah doang :)

ario32 said...

smart kata sapa lemot??
kalo gak tau triknya emang begitu
modem smart tu sensitif jadi kudu cari tempat yg bener, geser dikit dah berubah, n gak tergantung sinyal (gw cuman 2 bar), tapi skarang donlot 700mb cuman 1jam, 1876 kbps (avg. 750kbps) u/donlot, uplod 350kbps, gw pake paket platinum. DONLOT PILEM TIAP HARI!!! haha :D

Anonymous said...

@ario32, didaerah mana , Pake Modem apa
Kayannya emang semua koneksi internet yg pake jenis wireless posisi / lokasi modem pengaruh banget.
Kalau ada yg bilang cepet berarti beruntung banget tu, soalanya temen2 gw yg pake lemooooooooooooottttt semua padahal daerah jakarta & sering pindah2 posisi tu modem. Apalagi kalo ujan

negeriads.com sarana berpromosi said...

Bener banget bro, lemot abis.......maklum dikerubutin sama yang gratisan 3 bulan....piss

Donny Irmawansyah said...

emang bener lambat selambat lambatnya.....
tapi coba deh tip ini jika mau down load dr rapid share........: ketika ada tulisan tersebut...coba internet conectionnya kamu matikan dulu....terus....hidupkan lagi........kembali ke tab rapidshare......kemudian refresh.......ok deh.....rapidshare akan mengidentifikasi anda dengan IP baru....SELAMAT MENCOBA.....udah ku terapkan.......oke banget

Anonymous said...

Ikut sharing, saya jg pake smart haier c700, belum bisa pake EVDO, dari awal jan 2010 sempat brp kali gak kebagian jatah dari rapishare, tapi sejak maret udah lancar, dan kemaren, tgl 20 mei 2010 jm 1 WIB tahu2 traffic sempat ilang sekitar 2-4 mnt, setelah normal lagi saya jadi gak bisa dl dari rapidshare, soalnya dibilang downlod expired, dicobain diskonek dan konek modem lagi sampe semaleman jg gak bisa.
pas dicek ke canyouseeme.org, ternyata ip adress saya berubah terus, setiap page nya direfresh, 3 digit terakhir berubah lagi.
ada yg kena ginian jg gak ?

haris said...

gw pake flexi juga gitu, sering lelet banget. bahkan sampe gak jalan2

jon said...

walah emang payah sih, gw coba EVDO paket platinum upto 3.1 Mbps dapetnya gak beda sama yg gratisan 15 hari mentoq 100an Kbps. Payah d.

Anonymous said...

Pengalaman saya pakai smart cukup puas. Kecepatan smart ditentukan oleh paket yang dipilih dan modem yang digunakan, kalau paket sudah ultimate tapi modem c700 jangan harap bisa cepat.
hasil test: paket 100hari gratis platinum
modem c700 haier >>> max 15kbps
modem ce100 haier >>> max 150 kbps