Pages

Jul 31, 2009

Saya Ditipu Browser Internet

Anda pernah tertipu ?, tapi kali ini saya tertipu oleh browser internet yang saya gunakan yaitu mozilla. Sebetulnya beberapa kali saya melihat ada yang aneh dengan hasil pencarian saya di google, karena hasilnya kadang-kadang berubah drastis, artinya saat saya melakukan pencarian tiba-tiba hasilnya berubah yang tadinya dihalaman satu google akhirnya hilang entah kemana, tadinya saya pikir ini karena google sedang merubah posisi hasil pencariannya.

Keanehan yang paling saya sadari betul yaitu ketika saya mencari sesuatu di google dengan menggunakan dua browser yaitu Internet Explorer dan Mozilla saya sangat kaget karena hasilnya berbeda tadinya saya pikir google error ?, tapi saat saya perhatikan ternyata beberapa blog yang muncul dihalaman pertama ternyata blog yang pernah saya kunjungi dengan menggunakan mozilla dan kebetulan saya juga login ke gmail & blogger.com dengan mozilla dan belum logout. Sedangkan Internet Explorer baru saya gunakan saat melakukan pencarian.

Daripada bingung kebanyakan baca lihat saja gambar berikut:

google sERP
Ini hasil pencarian google.co.id dengan kata kunci "EasyHits4U" sebetulnya pada hasil pencarian itu terdapat dua posting blog ini tentang easyhits4U tapi supaya gambar tidak terlalu besar maka saya potong satu. Saya cukup kaget karena posting saya berhasil mengalahkan situs easyhits4u.com halah ga mungkin banget, karena kata kuncinya saja sudah jelas Easyhits4U, ini dia yang kemarin-kemarin belum sempat saya selidiki lagi. Karena saya tidak percaya maka saya coba lakukan pencarian ulang tapi saya bersihkan history mozilla saya dan hasilnya adalah:

google indeksHasilnya beda dengan pencarian pertama, dan memang harusnya seperti pencarian kedua, ternyata broser internet bisa menipu juga haha, kalau saya perhatikan kejadian seperti ini karena browser mozilla masih menyimpan history alamat/url yang pernah saya kunjungi sebetulnya bukan cuma kasus ini saja saya alami. Ini mungkin menjawab pertanyaan seseorang yang bingung karena hasil pencarian yang ditampilkan mozilla dan opera tidak sama, mungkin saja salah satu browser yang digunakannya masih menyimpan history halaman mana saja yang pernah dia kunjungi.

Ini juga menjawab kenapa kadang saya menemukan posting saya ada dihalaman pertama dan si posisi teratas tapi saat saya cek lagi posting tersebut sudah meghilang entah kemana.
Anda pernah tertipu juga :)

22 comments:

Omtomi said...

Pertamax...
sebagai blogger pemula (newbie) mungkin itu dari cache yang terimpan dihistory blom terhapus dan secara otomatis akan muncul lg jika menggunakan kt kunci yg sama. Ada baiknya sebelum kita searching terlebih dahulu bersihkan semua atau clear cookiesx dulu yang merupakan sebagai privat data. ya mungkin begitu saran dari saya...omtomi

Love's Diary said...

Ai juga pernah ngalamin hal itu. Coba aja pas brows dengan Opera juga beda hasilnya. Malahan antara Opera di PC ma opera mini di HP kadang2 hasilnya beda juga.

Kalo Ai sih ga masalah, asal apa yang Ai cari itu ketemu hehehehe

irvan said...

@Omtomi , mang bener sob itu gara2 history/private data ga sy clear, masalahnya repot kalo pas login email/blogger harus login ulang dong kl di clear. Makanya skrang sering pake 2 browser

@Love's Diary, mang ga masalah si, cuma bikin keder :)

raiderhost said...

hemm... mungkin doeloe pernah login pakai account gmail .. [emang bener thoo] lha terus anda melakukan pencariand engan keyword tertentu ...

lha pada hasil SERp anda pernah klik anak panah dekat tembolok - mirip ke atas :D jadi dia akan tergeser naik ke atas top pencarian . kalau dalam bahasa Indonesia namanya istilalahnya - promosi :D

hal itu sama sja hasilnya jika sampeyan log di firefox ato IE dengan catatan login terlebih dahulu ke account google - terus melakukan pencarian :D

sepertinya itu :D soale lupa istilahnya dalam english

irvan said...

@raiderhost, ya bener gara2 login gmail & pernah ada yg diklik jadi naek gitu, tapi ga dinaekin sendiri si.
Makanya suka ketipu haha kalo nyari dah login digoogle.
Tapi kl pake 2 browser si ngga, firefox buat login IE buat nyari..

narti said...

begitu yah? perlu ngecek nih...
makasih sharingnya.

Rezky Pratama said...

benar2,,makasih infonya

Risefa said...

jangan heran mas.. namanya juga pastinya masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.

saya heran sekarang, kok tega yah gugel tidak memberikan appresiasi PR lebih ke blog anda ? padahal anda sudah memposting dari tahun 2 ribu lapan dan lagi artikelnya bagus-bagus. maaf lho aku bukan bermaksud negatif. apa blog anda sudah pernah diturunkan PR nya oleh gugel. sekali lagi maaf saya tidak bermaksud negatif.

Celebryti said...

Jadi sudah dapat solusinya mas?, ya cara mengatasinya, kalo dapat solusinya mas, mohon di info ya mas, Thanks mas atas pengalamannya.. sangat menarik dan berguna untuk sebuah pengalaman baru, paling tidak saya dan yg lain2nya pada tau..

Rachel said...

jadi pengalaman juga nih buat sahabat lainnya, bagus sahabat...salam kenal.

patahati said...

sorry bro, baru tau nih mozilla bisa juga nipu kita yaa...

irvan said...

@Risefa,ga pa2 ko, kalo PR kan pengaruh dari Backlink mas, karena sy ga mengejar backlink haha, sekarang baru mulai tukeran link sama temen2 lainnya.

@Celebryti,tinggal bersihkan saja "private data" jika pada firefox, Atau "Delete Cookies" & "Clear History" pada Internet Explorer

Tapi jika kita sedang login email baik yahoo/gmail maka jangan dibersihkan karena harus login ulang, kalau begini biasanya saya pakai 2 browser, tapi berbedanya hasil pencarian ini biasanya karena kita sudah pernah mengunjungi halaman tertentu yang tampil dihasil pencarian, kalau belum pernah si ga ada masalah.

Seno said...

owh gitu toh, saya udah 3 kali ngalamin, udah seneng2 keyword target nangkring diposisi atas, g taunya besoknya menghilang entah kemana :(

irvan said...

@Seno, ada juga yang ngalamin kaya saya :)

J-T said...

waduh baru tahu ni. untuk walking22222 k sini

Oca said...

Aduh Irvan maaf yah baru berkunjung. Soalnya baru liat shoutmix Oca yang di blog itu*sekarang lagi diapus. Untungnya sempat menyelamatkan shoutmixnya jadi bisa liat deh Irfan berkunjung.
Back to topic, mozilla emang rada aneh. Begini ceritanya, kan Ca lagi asyik-asyiknya tuh ngedit template*soalnya baru bisa*. Terus pas Ca mau ke dasbor malah muncul web lain yang mengatakan blog tersebut enggak ada. Panik banget donk jadinya. tapi kemudian inisiatif pake IE eh ternyata masih ada*syukurlah*. Eh kok jadi kepanjangan kayak bikin posying aja, maafken ya... Salam hangat dari Ca...

Oca said...

1 lagi*pasti kelupaan*bannernya Ca comot...makasih

genial said...

ooooooooooooo pantesan tuh kang... saiia sering ngalamain kejadian yg sama.. hehehehe... mklm, gag gableg mslh bgituan soalnya :)

genial said...

wahh makasih banget kang ampiran baliknya :) maaf baru sempet bales di jam-jam segini :)

irvan said...

@genial, ga pa2 ga kena roaming juga hihi

Haedir 'sisi' said...

wuaaaaaaaaa !!!!!!
anda di tipu oleh mozillah laporkan di POS SATPAM INTERNET TERDEKAT sob,,

tuntut seadil"nya,,, MERDEKA



SALAM DANGDUTS

nenyok said...

Salam
Hohoho gw lom pernah tuh ngalamin kejadian kek gitu, detail juga lu ya :)
Salam kenal, semangat!!!!