Pages

Jul 5, 2009

Email Palsu Hati-hati Passowd Anda Dicuri

Hampir seminggu sudah saya mendapat email ke yahoo email saya, awalnya saya percaya bahwa email itu dikirmkan dari team yahoo, karena memang begitu yang saya lihat di bagian pengirimnya dari info@yahoo.com, ini previewnya:
yahoo
dan ketika email dibuka, perhatikan pengirimnya

yahoo
Sekilas memang tampak bahwa pengirim berasal dari info@yahoo.com, tapi ketika saya baca isinya, saya malah jadi tertawa sendiri karena pengirim meminta saya mengirimkan username, password, negara, jenis kelamin dan mengatakan bahwa jika saya tidak merespon email itu dalam 7 hari maka akun saya akan dihapus . Haha lucu mana ada yahoo minta seperti itu, setahu saya yahoo tidak akan meminta data seperti itu, biasanya jika yahoo meminta kita untuk lebih meningkatkan keamanan email kita dengan cara memilih pertanyaan rahasia dan jawabannya serta meminta email lain untuk konfirmasi. Sayang saya lupa tepatnya alamat email asli pengirimnya tapi yang pasti bukan dari @yahoo.com tapi ke salah satu email yahoo di asia entah cina atau jepang.

Jadi hati-hati jika menerima email, karena bukan hal yang sulit untuk memalsukan pengirim email tidak percaya ini buktinya, saya coba kirim email
palsu Pembayaran Ke 3 Dari EasyHits4U
ke email saya sendiri:

facebook
tampak pada gambar bahwa pengirim dari facebook (maaf jika salah tulis alamat facebooknya, karena saya jarang memperhatikan alamat email asli ketika dapat email dari facebook) Bayangkan jika email ini memang bertujuan untuk mencuri password facebook anda, karena sekarang ini sudah banyak situs-situs yang dibuat mirip dengan facebook dengan tujuan mencuri password facebook anda, saya sendiri masih mempelajari bagaimana agar calon korban lebih mudah terkecoh, saya cuma buat percobaan dan pembelajaran sehingga tidak ada lagi orang-orang yang mudah tertipu dengan email palsu.

Wah kepanjangan ni, ok jadi sebaiknya anda hati-hati saat menerima email, karena masih banyak email sejenis ini tapi dengan teknik yang lebih tinggi dan sulit dibedakan dengan yang asli, biasanya mereka menggunakan link/url yang panjang dan penuh dengan code sehingga kita sulit membedakannya bahwa itu email palsu, email lainya yang pernah saya terima seperti Hati-Hati dengan alertpay palsu

Sebetulnya masih banyak email-email palsu yang saya terima sayang sudah saya hapus jadi tidak bisa saya posting diblog ini

3 comments:

aprie said...

wah ini sama kasusnya dengan email dari Paylpal nih..
setelah dipelajari kok ternyata situs Paypal Palsu

irvan said...

iya mirip bos

Anonymous said...

perlu memeriksa:)