Pages

May 11, 2010

Awas Spammer Gila Mengintai Anda

Pernah jadi spammer atau jadi korban spammer ?. Lalu apa itu spammer, mungkin ada beberapa pendapat mengenai spammer ini tapi kalau saya pribadi punya 2 kriteria untuk menggolongkan komentar itu spam atau bukan, yaitu :
  1. Komentar yang isinya cuma link semua dan ga ada hubungannya sama sekali dengan artikel, seperti yang pernah saya tulis di Spammer Tak Kenal Lelah
  2. Spammer yang isi komennya sama di semua tempat & ga nyambung sama isinya, contohnya lihat gambar yang saya lampirkan dibawah.

  3. spammer

Ternyata belakang ini banyak sekali tingkah unik spammer ini, ada yang nulis komen dengan nama orang lain beserta isi komennya tapi dengan link yang berbeda dll.


Blog yang dihujani spam tentu sangat tidak menguntungkan apalagi yang menngunakan hosting sendiri, kalau Bandwidth kecil bisa2 kebobolan seperti yang saya alami.

Salah satu blog saya yang bertema finance kemarin seharian dibombardir spammer "GILA" dengan isi komentar yang ga jelas isinya cuma url/link yang saya yakin itu tidak ada misalanya dsd0w9sxmmx.com dsb, dari pagi sampe malem dengan setia dia pantengin terus blog saya dan tiap satu menit dia kirim 1 komentar.

Saya tahu ada yang berkomentar atau ada komentar yang perlu dimoderasi karena saya selalu meneruskan semua komentar yang masuk di sumua blog saya ke email dan saya mengggunakan Thunderbird jadi walau punya akun email banyak bisa ditampung disatu tempat.

Berbagai pola yang dilakukan spammer, dan salah satunya mencari artikel yang sudah lawas untuk dijadikan korban dan karena itu khusus di blog ini saya memberlakukan moderasi untuk seluruh artikel yang sudah lebih dari 60 hari.

Entah apa maksud dari spammer ini yang jelas mereka mengganggu karena dalam 1 hari saya pernah menghapus beberapa komentar spam ini ga terlalu banyak si cuma 350 buah.

Karena belum ada waktu mencari plugin atau metode lain mencegah spammer "GILA" ini dengan terpakasa saya menutup komentar di 2 blog saya yang kebetulan berbahasa inggris dan memiliki tema spesifik.

Untungnya tidak semua blog saya kena, karena ada juga 2 blog yang dikomentari oleh orang2 yang tidak berniat iseng.

2 comments:

raiderhost said...

xixixi mantab

semoga komentarku ndak diduplicate :D

kmrin sempat juga kena dan sempat juga tak posting

Irvan said...

@raiderhost, iya sy juga sempet baca tapi sayang waktu itu ga bisa komen ada error javascript