Pages

Apr 20, 2010

Spammer Tak Kenal Lelah

Spammer yang sering mengotori blog dengan komentar-komentar ga penting & ga nyambung memang ga kenal lelah. Baru kemaren saya menulis Bandwidth Limit Exceeded gara-gara ulah spammer yang membombardir salah satu blog saya dengan ratusan komentarnya dalam waktu singkat, hari ini spammer berulah di blog ini. Untung masih tersaring karena saya menggunakan moderasi khusus untuk artikel yang sudah lebih dari 60 hari.

Alasannya karena biasanya spammer yang sering pakai nick "anonymous" ini biasanya meninggalkan jejak ga penting di atikel yang sudah lawas. Memang trik mereka jitu karena biasanya pemilik blog terutama blogspot akan kesulitan menghapus komentar di artikel lama, apalagi jika artikel sudah lumayan banyak.

Untuk menghindari spammer dan supaya tidak cape mencari komentar yang akan dihapus diartikel lama, maka sengaja saya gunakan moderasi untuk artikel yang sudah lebih dari 60 hari.


Ini dia salah satu preview komentar spammer yang ga tau malu yang masuk ke inbox email saya yang saya buka dengan Thunderbird dan selalu OL hampir 24 jam jadi ga perlu repot masuk ke gmail, hari ini ada 4 komentar yang ditinggalkannya.

anonymous

Saya anggap ini komentar spam karena memang isinya sama sekali ga nyambung alias tulalit sama isi artikel, ni dia gambarnya

spammer

Dengan menggunakan moderasi khusus untuk atikel lama kemudian komentarnya dilanjutkan ke email maka dengan mudah kita mengetahui setiap orang yang bekomentar apalagi yang cuma nyampah seperti diatas.

Untung pakai blogspot jadi ga pelu mikirin kehabisan bandwidth atau database yang membengkak gara2 ulah spammer kaya gini.

Bukan cuma blog ini yang sering kena ulah spammer ga mutu, tapi beberapa blog saya yang lain pun mengalaminya bahkan ada orang iseng yang berkomentar sampai 350 dalam 1 hari. Kalau di Wordpress kita bisa menggunakan akismet tapi kalau di blogspot pilihannya ya moderasi sebagian artikel yang sudah lama.

Kalau mau komentar ya komentar aja si ga usah bikin malu kaya gitu.

4 comments:

BRI Jakarta Veteran said...

tepat sekali at spammer itu memang menjengkelkan ...

ayel bertuah said...

spam memang selalu menjengkelkan...
jalan2 ketempat sahabat nih...

raiderhost said...

wach sepertinya lagi bahas teman saya niech ...

si parmo emang sering nyepam :))

-pa lagi waktu ada kontes SEO .. utk blog sekeren ini pasti banyak yg mampir :D--

Makrus ali said...

kalo ada komentar yang nggak nyambung, atau malah bertolak belakang dengan artikel, selain menjengkelkan...terkadang juga bikin kita mikir
yah... setuju kalo komentar spam harus dibasmi (tapi yang ini bukan spam kan?)