Pages

May 16, 2010

Semi Moderasi

Karena blog ini lumayan sering kena ulah spammer dan cukup bosan untuk menghapus komentar yang ditinggalkannya, akhirnya saya menggunakan moderasi khusus untuk tulisan yang sudah lebih dari 60 hari.

Kenapa cuma tulisan yang sudah lewat 60 hari saya moderasi, alasannya sederhana karena saya tidak mau bikin repot harus memoderasi komentar yang masuk dan rasanya pengunjung akan lebih bebas menulis komentar tanpa mikir apakah komentarnya akan ditampilkan atau tidak.

Alasan kedua saya memoderasi tulisan yang lewat 60 hari karena biasanya orang usil yang komentar ga jelas yang isinya cuma link entah kemana, selalu berkomentar di artikel yang sudah lama, dan cara si usil ini memang efektif karena menghapus komentar di tulisan yang sudah lama pada blogspot lumayan butuh waktu mencari posisi komentar tersebut, tidak seperti pada wordpress yang dengan mudah akan kita bisa hapus atau edit komentar yang masuk setiap saat.


Walau memoderasi komentar lama, saya masih bisa mengetahui dengan cepat siapapun yang meninggalkan komentar disini, karena semua komentar masuk diteruskan ke email dan saya menggunakan Thunderbird yang hampir online 24 jam, jadi setiap email masuk akan cepat diketahui.

Ini dia preview komentar yang harus dimoderasi, kebetulan ada 5 komentar dan beberapa diantaranya cuma spam ga jelas, jadi ga usah repot2 mencari posisi komentar, kita tinggal buka komentar yang perlu dimoderasi dan tentukan hapus atau setujui.

Moderasi Komentar Blogspot

Alasan satu2nya moderasi komentar karena saya malas menghapus komentar spam di artikel yang sudah lama dan membutuhkan waktu untuk mencari artikel tersebut.

No comments: