Pages

Dec 21, 2008

VB6 walau sudah dianggap kuno tetap menghasilkan

Mungkin itulah anggapan sebagian besar orang bahwa Visual Basic 6 sudah kuno, dan tidak mau lagi mempelajarinya, dan lebih memilih VB.NET terserahlah mereka mau beranggapan bagaimana, tapi buat saya bukan masalah kuno atau tidak, yang jadi pertimbangan adalah apakah ilmu yang kita pelajari akan berguna jujur saja yang menjadi tujuan utama saya adalah bagaimana menghasilkan uang secepatnya dengan keahlian yang saya punya, oleh karena itu jatuh pilihan pada Visual Basic 6, mungkin sekitar 3 tahun lalu saya mulai lebih serius mempelajarinya, walaupun saat itu saya juga mempelajari bahasa pemograman lainnya seperti php,asp bahkan NET yaitu VB.NET dan C# NET.

Setelah mencari informasi sana sini terutama masalah lapangan pekerjaan akhirnya saya makin mantap dengan keyakinan untuk lebih mendalami VB6 dulu dibanding yang lainnya, alasan utamanya si karena saya tidak punya ijazah sarjana bahkan D3, karena kuliah juga tidak pernah lulus, keasikan ikut pelatihan disana sini sampai akhirnya diterima kerja akhirnya kuliah terbengkalai karena waktu itu yang saya pikirkan bagaimana mencari uang secepatnya. Sebagai catatan para programmer NET memang memiliki penghasilan lebih dibangding programmer VB6, tetapi syaratnya juga lebih banyak, yang umum biasanya selain mempunyai gelar sarjana juga harus fasih bahasa inggris ada juga kenalan saya yang sudah berhasil masuk diperusahaan besar dan sering ke luar negri untuk selsaikan pekerjaan. Hebat memang !. Tetapi untuk saya pribadi dengan latar belakang pendidikan cuma tamatan SMK kimia, jadi programmer VB6 sudah hasil yang memuaskan, tetapi jangan puas sampai disitu, saya juga sambil mempelajari bahasa pemograman lainya dan coba nabung lagi untuk menyelsaikan kuliah. Walau saya lebih suka kerja sendiri atau freelance dan sudah terbukti menghasilkan bahkan penghasilan saya dari 3 project saja bisa melebihi penghasilan saya bekerja dikator selama 1 tahun. Jadi buat yang berminat mempelajari pemograman tetapi tidak mempunyai gelar sarjana tidak usah berkecil hati, belajarlah terus dan mencari pekerjaan yang bisa menerima anda dengan lebih melihat keahlian bukan gelar, saya rasa masih ada beberapa perusahaan yang begitu walaupun mungkin perusahaan kecil, tetapi itu dapat dijadikan batu loncatan dan menambah pengalaman seperti yang sudah saya rasakan, karena dengan terjun langsung kedunia kerja anda akan menyadari bahwa pemograman sangatlah komplkes tidak sesederhana seperti yang selama ini anda pelajari.

Jika berminat menjadi pekerja lepas seperti mungkin hanya dengan VB6 atau php anda sudah bisa coba mencari project sendiri, sebagai pekerja lepas tentu saja target konsumen saya hanya perusahaan kecil dan menengah dan mereka juga biasanya memliki keterbatasan dana maupun perangkat keras, jadi yang paling cocok buat mereka adalah dengan menggunakan aplikasi dengan harga terjangkau dan tidak membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi atau bahkan server khusus. Setidaknya itulah yang sudah saya rasakan dan mereka lebih cocok menggunakan aplikasi desktop, karena biasanya mereka sudah terbiasa menggunakan keyboard dibandingkan mouse. Jadi sebisa mungkin kita juga harus merancang aplikasi yang dapat meminimalisir penggunaan mouse. Satu lagi yang penting jika anda berhasil mendapatkan project sebaiknya anda pelajari baik-baik pekerjaan konsumen anda kemudian rancang aplikasi dan database yang akan anda buat, ambil kesimpulan apakah aplikasi anda dapat mengikuti pekerjaan mereka secara keseluruhan atau tidak, karena sering kali beberapa prosedur kerja mereka sulit untuk diaplikasikan di program yang akan dibuat, nah kalau sudah begini cepat-cepat diskusi dan cari jalan yang terbaik agar semua pihak dapat merasakan keuntungan menggunakan aplikasi yang anda buat karena kalau tidak anda akan sangat kesulitan membuat aplikasi sesuai dengan yang mereka mau. Jadi walau dianggap kuno ternyata VB6 masih bisa menghasilkan buat saya. Alhamdulillah hampir satu tahun saya sudah bisa mendapatkan 3 project ya walaupun nilai 1 projectnya masih dibawah 20 juta, tapi itu sudah merupakan keberhasilan buat saya apalagi cuma tamatan SMK Kimia (ga nyambung). Sebenarnya masih bisa dapatkan lebih tapi bukan cuma uang yang harus dijadikan pertimbangan tetapi kepuasan konsumen serta dukungan kita setelah pekerjaan selesai, biasanya saya buat kontrak baru untuk perawatan, jadi setiap ada masalah saya bisa tangani dan masih dapatkan bayaran lagi atau minimal uang transport.

No comments: