Pages

Jul 19, 2010

Sedikit Iseng Buat Yang Suka Copy Paste

Gimana rasanya waktu tulisan anda diambil begitu saja ?, memang berbagai reaksi ditunjukan pemilik blog yang tulisannya dicopy paste tanpa malu permisi oleh orang lain, ada yang cuek-cuek aja, ada yang mencak-mencak, ada yang bingung.

Kali ini cerita dari teman saya, kebetulan saya berdua sedang iseng mau buat Aplikasi Facebook, dan kebetulan teman saya itu memberi tempat lowong di hosting yang dia pakai untuk menyimpan aplikasi-aplikasi facebook yang akan dibuat.

Setelah diberi 1 sub domain dan diberi akses ke hostingnya aplikasi facebook pun saya upload dan akhirnya setelah bingung 7 keliling 1 aplikasi facebook buat ngerubah status facebook sudah selesai dibuat.

Ditengah nyari info cara membuat aplikasi facebook dengan php, teman saya menghubungi melalui email, mengajak saya online di YM, dan percapakannya kira2 seperti ini :

Teman : Lagi Suntuk Ni
Saya : Kenapa, Terus mau ngapain  ?
Teman: Ga pa2 si cuma lagi suntuk doang, enaknya Iseng Aja Deh.
Saya : Iseng Gimana ?
Teman : Masih inget kan, beberapa postingan saya yang dicopy paste, belum lagi yang dicuri lewat rss pakai robot, Nah ini waktunya buat sedikit kasih pelajaran.
Saya : Caranya ?
Teman : Ada 1 blog yang *sok profesional* dan ngambil konten full dari 1 artikel gw,  termasuk gambarnya, emang ga tau diuntung, dah nyolong tulisan masih numpang hosting buat image, jadi mendingan tu image2 yang dipake gw ganti pake image laen aja, biar bingung si mpunya ?

Idle ------------------------------------------------

Ga lama kemudian temen saya ngasih link, salah satu blog yang mencuri kontennya lengkap beserta gambarnya, dan karena sudah sebel akhirnya sama temen sya diganti jadi begini :

kenadeh

Gambar2 yang dipakai orang itu diganti semua (dihosting temen saya) jadi seperti diatas semua :)

Teman saya lumayan jengkel dengan si pelaku kopi paste karena salah satu artkel itu mengandung beberapa link afiliasi dan sampe sekarang sudah menghasilkan kira $350, jadi kebayang  dong kalau tulisannya diambil, apalagi gambanya numpang di hosting tulisan asli.

Jadi hati2lah kalau copy paste, jangan lupa sekalian upload gambarnya haha

3 comments:

alamendah said...

(Maaf) izin mengamankan PERTAMAX dulu. Boleh, kan?!
saya juga menjadi korban copas beberapa kali. bahkan sering kali full copas lengkap dengan pict yang tetap dari blog saya.

Warna Tulisan said...

memang perlu diberi pelajaran ya sob ...

oempak said...

pas banget nih artikel, baru kmaren jg saya nemu artikel saya ada 2 hasil mikir sendiri dikopi sama orang, yg jd kesel nya itu, dia ga bilang dulu, trs dia cantumin di artikel hanya nama blog saya aja, alias teks dan ga pake domainnya, trs saya blg suruh perbaiki link sumbernya dan blg dl klo mau kopi artikel, akhirnya beres jg tuh :D