Pages

Jul 5, 2010

Membuat Postingan Tanpa Perlu Masuk Ke Blog Dengan Windows Live Writer

Kadang saya malas login ke blogger untuk ketika akan membuat tulisan baru, belum lagi jika kita punya akun blogger lebih dari satu, ini akan merepotkan karena blogger tidak seperti wordpress baik wordpress.com maupun wordpress.org yang membolehkan kita login kebanyak akun sekaligus dengan browser yang sama.

Kalau dibloggger/blogspot mau login dengan akun yang berbeda terpaksa harus menggunakan browser yang berbeda atau bergantian (log out) dulu. Masalah ini sangat merepotkan kalau dalam waktu bersamaan ingin mebuat postingan dibeberapa blog sekaligus.


Dengan menggunakan Windows Live Writer, masalah ini bisa diatasi artinya kita bisa posting tanpa perlu masuk ke dashboard blog terlebih dahulu.

Kelebihan lainnya dari Windows Live Writer adalah kita bisa posting ke blog secara ofline artinya bisa kita save sebagai draft terlebih dahulu baru kita publish.

Tanpa panjang lebar saya akan jelaskan sedikit cara Install Windows Live Writer dan cara menggunakan Windows Live Writer :

  1. Setelah Windows Live Writer terinstall, buat akun baru untuk login ke blog, dengan cara pilih “Tools” –> Accounts – > Add WLW-Account
  2. Kemudian pilih Other blog services –> Next , lihat gambar dibawah :wlw-add-account
  3. Setelah itu, isi alamat blog anda beserta user name dan password blog, klik Nextwindows-writer
  4. Jika semua proses berjalan normal maka akan muncul. seperti dibawah ini :wlw-2
Setelah proses install selesai maka anda siap menulis postingan secara ofline maupun online. Cara menggunakan Windows Live Writer sebetulnya tidak jauh berbeda seperti menggunakan microsoft office.
Beberapa kelebihan dari Windows Live Writer  adalah :
  1. Image yang kita sisipkan pada artikel akan terupload otomatis, tidak seperti posting dari MS Office yang membutuhkan settingan khusus untuk server image.
  2. Adanya fasilias previewm sehingga kita bisa melihat bentuk/hasil akhir postingan sebelum publish.
  3. Tampilan akan menyesuaikan dengan theme yang digunakan
  4. dlll
Pada intinya Windows Live Writer  ini memudahkan untuk menulis artikel tanpa harus masuk atau login ke dashboard blog terlebih dahulu. Menulis artikel dengan Windows Live Writer  tidak jauh berbeda dengan menulis melalui dashboard blog, bahkan untuk hyperlink kita bisa atur sesuka hati, misalnya mengatur target link, atribut nofollow.

Buat blogger yang menggunakan fungsi readmore dengan script seperti ini : <span class="fullpost">  </span> anda bisa menyisipkan kode tersebut dengan memilih tampilan menjadi “Source” posisinya ada kiri bawah.
Jika ingin mencoba Windows Live Writer silahkan donwload di http://explore.live.com/windows-live-writer

2 comments:

harto said...

lebih praktis lagi yaaa... baru tau niih.
trims yaa atas ilmunya, sukses selalu n tetap semangat

Anonymous said...

wah...info x keren ne, mw dcoba ah ntr