Pages

Mar 11, 2010

Ketika Blog Tidak Dipandang Google

Setelah membuat blog baru dengan domain gratisan atau domain berbayar target selanjutnya adalah masuk google index tapi ternyata masuk google index susah susah gampang, setidaknya ini pengalaman pribadi saya setelah mencoba dengan beberapa blog baik menggunakan blogspot maupun Wordpress.

Kebiasaan saya setelah selesai membuat blog dan menuliskan minimal 3 artikel adalah memeriksa apakah blog saya sudah masuk google index atau belum, percobaan tentang google indek sudah sering saya lakukan entah sudah berapa banyak blog yang saya buat untuk percobaan.

Kali ini saya melakukannya dengan Wordpress dan domain sendiri, ada 5 buah domain yang saya gunakan dan semua menggunakan wordpress. 3 domain menggunakan Bahasa Indonesia dan 2 domain menggunakan Bahasa Inggris.

Ternyata hasilnya bervariasi walau dilakukan dengan cara yang sama karena ada juga 2 domain yang sangat lambat terindex google bahkan sampai sekarang ada 1 domain yang belum terindex google dengan sempurna artinya google belum melakukan update terhadap blog tersebut karena kebetulan domain yang satu ini adalah domain bekas kalau tidak salah sudah ada sejak 2006 dan oleh pemiliknya hanya digunakan untuk domain parking.

Domain bekas yang saya beli kemudian saya rubah name servers ke hostgator karena sekarang saya juga sewa hosting di sana alasannya karena bisa host unlimited domain, walau sebetulnya untuk 2 domain yang lain sudah menggunakan hosting lain dan masih lama masa sewanya. Setelah sukses merubah nameservers kemudian saya install wordpress dan menulis 1 artikel tapi setelah hampir 1 minggu google belum juga melakukan update, intinya untuk domain bekas ini ternyata lebih sulit terindex google walau saya sudah mencari backlink dengan cara berkomentar di beberapa blog dofollow dan juga mendaftakannya di google.

Kesimpulannya blog dan domain yang sudah lama terbengkalai memang agak susah dipandang google, seolah google bot enggan berkunjung jadi dengan begitu akan lebih lama terindex google.

Kalau urusan Pagerank sepertinya memang tidak berpengaruh karena domain bekas itu sudah mempunyai PR1, cara lain yang biasa saya lakukan untuk mempercepat proses google index biasanya dengan memberikan link dari blog saya yang lain yang sudah lebih dikenal google cara ini biasanya cukup efektif dan saya masih menunggu hasilnya karena baru hari ini saya lakukan untuk domain tersebut.

Masalah lain yang saya temukan kenapa blog sulit terindex google adalah ketika blog baru tapi isinya duplikat full dari blog lain, karena untuk 1 domain lain yang sudah saya install dengan wordpress isinya adalah hasil import dari blog ini, walau sudah coba cari backlink ternyata masih sulit terindex google, berbeda dengan domain lain yang saya isi dengan konten asli, karena hanya dalam beberapa jam sudah masuk google.

Gimana tambah bingung ?, ah ga usah bingung mikirin google, yang penting adalah memelihara blog dengan mengisi konten, sering update, cari backlink sebanyak-banyaknya. Dengan begitu biasanya perlahan tapi pasti blog akan dipandang google.

Tulisannya saya sambung lain kali, karena terlalu panjang jika ditulis jadi satu. Pada intinya melakukan ping saja tidak cukup untuk cepat terindeks google, biasanya yang lebig efektif adalah mencari link dari blog lain kebetulan cara yang saya gunakan adalah dengan menyisipkan link ke blog baru dibeberapa artikel blog yang sudah lebih lama.

Kesimpulan akhir untuk membuat blog lebih populer di mata google adalah dengan mencari link sebanyak-banyaknya terutama dari blog dengan konten atau tema yang sama, dengan cara ini biasanya blog baru akan cepat dikenali google dan ini sudah saya buktikan dengan 3 blog yang saya buat, terutama untuk blog yang belum genap berumur 2 bulan, ternyata sudah lumayan banyak pengunjung dari google dan yang lebih menyenangkan ternyata alexa rank sudah menciut sampai 500 ribuan, walau tanpa Install alexa toolbar pada browser dan wigdet pada blog.
Duh padahal niatnya mau sekalian posting Award juga, tapi bahan yang ini udah lama disimpen jadi, buat Rhyzaboy, awardnya nanti saya pajang deh


1 comment:

Rhyzaboy said...

Wah padahal saya mau membuat web blog berbayar nih,,, masa seperti itu sih google? tega nih... Aq tunggu sob pemasangan awardnya....