Pages

Dec 19, 2009

Bikin Template Blog Gado-gado

blog templateLama-lama bosen juga bosen juga sama tampilan blog yang itu-itu aja, walau banyak template gratisan buat blogspot bertebaran dimana-mana, sering kali nemu template blog yang bagus tapi ada beberapa hal yang kurang sreg, misalnya terlalu rame atau sudah banyak orang yang pakai juga. Selain itu biasanya tipe kolom yang disediakan kadang kurang pas, biasanya template yang menarik tapi jumlah kolomnya banyak sekali, wah mau saya isi apa orang blognya aja masih amburadul gini.
Karena memang sudah penasaran akhirnya saya coba menggunakan template minima kemudian acak-acak deh isinya (walau ga ngerti apa maksud dari barisan code tersebut).

Salah satu kesulitan membuat template blog adalah saya ga tau editor apa yang paling mudah digunakan dan apakah bisa membuat template secara offline ?.


Akhirnya percobaan pun dimulai, setelah selesai membuat satu blog untuk percobaan dengan template minima, kemudian mulailah merubah beberapa kode yang ada didalamnya. Perubahan yang paling utama adalah Merubah layout asli minima lihat gambar 1 menjadi seperti tampak pada gambar 2

minima
Gambar 1

minima template
Gambar 2

Selain itu tentu saja merubah gambar pada header, dan format komentar. Saya sebut template gado-gado karena kode template yang sekarang ini perpaduan dari beberapa template yang sudah ada walau masih ada beberapa yang masih harus dibenahi, terutama bagian CSS yang masih berantakan.

Jadi kenapa ragu untuk membuat template sendiri, karena saya sendiri baru kali ini serius utak-atik template, dan enaknya template yang dibikin sendiri kemungkinan sama dengan template blogger lain sangat kecil, apalagi jika gambar-gambar yang ada anda buat sendiri.

Walau melihat hasilnya saya sendiri belum puas tapi mohon maklum, karena ini baru pertama kalinya.

6 comments:

KucingTengil said...

wah...ganti baju juga akhirnya hahahaha

Dev said...

Templatenya bagus sob..lebih ringan dari template sebelumnya..iya salah satu kelemahan blogger emang ga bisa mengedit template secara online ga seperti wordpress yang menggunakan CMS jadi bisa dijalanin di localhost..tapi ada beberapa cara buat mempermudah mengedit template blogger, nanti saya post di blog saya..

o iya pertanyaannya udah saya bales di comment blog saya ya..

Dev said...

Maaf commentnya kecepetan nulis jadi salah :D
maksudnya kelemahan blogger ga bisa ngedit template secara offline :D

irvan said...

@Dev, makasih sob, ditunggu postinggannya

liudin said...

saya sedang membangun sebuah template untuk blog, ada saran ga' template yang sekiranya ringan tapi powerfull fiturnya.

SehatZBlog said...

wah mantab donk bisa kutak katik...kalo aq ya...gratisan aja deh, walaupun kadang kurang selera...nyam