Pages

Dec 21, 2009

Meningkatkan Fungsi Otak Melalui Permainan

Brain GamesAda penelitian ilmiah yang menunjukkan bahwa kita dapat meningkatkan kesehatan dan fungsi otak kita dengan latihan mental yang benar, salah satunya melalui permaian/game. Ada satu situs yang menyediakan berbagai permainan online yang bertujuan untuk meningkatkan fungsi kognitif.Salah satu situs yang menyediakan layanan permainan untuk mengasah otak "Brain Games" adalah "Lumosity". Lumosity dirancang oleh beberapa ahli terkemuka dalam ilmu saraf dan kognitif psikologi dari Stanford dan UCSF.

Kognitif adalah kepercayaan seseorang tentang sesuatu yang didapatkan dari proses berpikir tentang seseorang atau sesuatu.

Proses yang dilakukan adalah memperoleh pengetahuan dan memanipulasi pengetahuan melalui aktivitas mengingat, menganalisis, memahami, menilai, menalar, membayangkan dan berbahasa. Kapasitas atau kemampuan "kognitif" biasa diartikan sebagai kecerdasan atau inteligensi. Bidang ilmu yang mempelajari kognitif beragam, di antaranya adalah psikologi, filsafat, komunikasi, neurosains, serta kecerdasan buatan.

Kepercayaan/ pengetahuan seseorang tentang sesuatu dipercaya dapat mempengaruhi sikap mereka dan pada akhirnya mempengaruhi perilaku/ tindakan mereka terhadap sesuatu. Merubah pengetahuan seseorang akan sesuatu dipercaya dapat merubah perilaku mereka.
sumber : Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Salah satu contoh permainannya adalah "Memory Matrix" (untuk mengingat pola-pola yang tumbuh lebih besar dan lebih kompleks).Penasaran dengan game untuk mengasah otak, silahkan kunjungi Lumosity.


Brain Picture from www.lumosity.com

8 comments:

Liudin said...

Wah asyik donk, klo bisa ngegame sambil mengembangkan diri. Cocok bwat negara kita;@

Catatan Belajarku said...

artikel yang bagus gan

sangat bermanfaat

Dev said...

wah..meluncur tes dulu..otak saya masih lancar ga :D

alamendah said...

(maaf) izin mengamankan KEEMPAT dulu. Boleh kan?!
Waaaaahhhh, perlu ikutan main, nih.
Biar gak tambah bebal nih otak

Miawruu said...

HIDUP GAMEEEEEE.... yap, dg main game khususnya yg merangsang daya ingat dan syaraf motorik bsia mengaasah otak kita biar ga tumpul

kakara said...

Sambil menikmati permainan.. mencerdaskan pula..
TFS sob :)

sehatz said...

wuih..berarti ga salah donk kalo slama ini hobi ngegame...

Belajar Blog said...

kalo Game Online kayak Ragnarok Online bisa merangsang perkembangan otak ga mas..?
eheheh...maklum saya sering maen game RO