Pages

Oct 4, 2009

Blogger Jangan Seperti Cinta Monyet

Apa itu cinta monyet saya rasa sudah banyak yang tahu apa artinya, tak terasa bulan desember nanti blog ini genap satu tahun, walau diawali dari iseng dan sebenarnya bukan ini blog yang pertama saya buat,tapi cuma blog ini yang sanggup saya urus, karena beberapa blog awal yang saya buat cuma sekedar untuk coba-coba seperti mendatangkan traffic, alexa rank dsb.

Budaya blogwalking atau saling mengujungi sesama blogger mulai saya lakukakan juga dan mulai menambahkan shoutmix supaya orang yang berkunjung dapat meniggalkan jejaknya.

Setelah diamati ternyata hubungan antar blogger pasti mengalami pasang surut bahkan benar-benar surut artinya hubungan yang awalnya terjalin dengan baik tiba-tiba rusak begitu saja walau kadang karena alasan sepele atau alasan yang tidak jelas sama sekali, karena inilah saya bilang seperti "cinta monyet" karena memang mirip.

Apakah anda pernah merasakannya juga, ketika ada teman blogger yang sudah mulai akrab dan rajin berkunjung tiba-tiba menghilang, setelah membaca beberapa posting dan komentar diblog lainya saya mengerti memang hal ini wajar terjadi, ada blogger yang membuat istilah "gesekan".

Beberapa kejadian yang pernah saya alami yang membuat blogger lain menjauh diantaranya:
  1. Ketika ada blogger yang memberi award dan tidak saya ambil.
  2. Ketika ada blogger yang minta bertukar link dan tidak segera saya amini.
Dua kejadian diatas yang saya sadar betul membuat hubungan dengan blogger lain merenggang, walau masih ada alasan lain yang saya tidak mengerti yaitu ketika tiba-tiba ada blogger yang enggan berkunjung lagi walau saya masih rutin berkunjung dan berkomentar, mungkin karena isi blog ini tidak menarik, dia sedang sibuk (walau blognya selalu update).

Mau menyukai atau tidak blog lain itu hak masing-masing, walau banyak blogger yang selalu menuliskan ingin mempererat silaturahmi dsb dengan berbagai cara misalnya selalu meninggalkan jejak dishoutmix, berbagi award.

Jika ada orang-orang yang mulai meninggalkan blog ini saya juga maklum karena isinya cuma tulisan biasa bukan tips-tips hebat, karena sudah banyak orang menuliskan tips ini itu dan rasanya agak malas untuk ikut-ikutan menulis seperti itu, kalaupun harus menulis tips ini itu biasanya karena saya belum melihat ada blog lain yang menuliskan tentang topik itu atau memang sudah saya lakukan percobaan dulu sebelumnya, contohnya tulisan tentang google datacenter yang ternyata berhubungan dengan hasil pembacaan pagerank yang berbeda dari beberapa situs atau widget pagerank, karena itu saya tuliskan menurut pengalaman dan versi saya sendiri.

Alasan saya kadang menolak permintaan beberapa blogger untuk link exchange :
  1. Beberapa waktu lalu blog ini bermasalah dengan google index sehingga banyak posting yang menghilang dari google, jadi saya lebih konsentrasi mencari informasi penyebab dan solusinya.
  2. Bukankan link exchange bukan sekedar bertukar link ?, bukankan ada yang bilang link exchange bertujuan saling menguntungkan ?, Bukankah kita tahu PR halaman utama blog tidak sama rata dengan PR artikel2 di blog itu sendiri, bagaimana jika anda tahu PR blog ini 1 tapi saya tempatkan link anda di tempat lain selain halaman utama, akankah anda protes ?
Link saya pernah terpasang di blog lain setelah hampir satu minggu, karena saya yang meminta untuk link exchange dan kita sama-sama memasang link dihalaman utama jadi apa salahnya menunggu si pemilik blog ada waktu memasang link balik.

Alasan saya menggunjungi blog lain :
  1. Tidak berat saat loading, maklum koneksi saya ngap-ngapan, ini juga yang menjadi alasan saya berhenti memasang banner blog lain karena dengan makin banyaknya banner terpasang mulai terasa perbedaannya.
  2. Isinya bisa saya mengerti atau berbeda dengan blog kebanyakan.
Terutama untuk alasan no 1, jadi mohon maaf jika ada blog yang sulit saya akses sehingga saya jarang berkunjung lagi, walau isinya saya pikir sangat menarik.

Sebenarnya dengan sering blogwalking banyak sekali manfaatnya, selain menambah teman, bisa juga menambah informasi, atau bahkan mendatangkan kesempatan bagus seperti kesempatan pekerjaan, karena saya pernah berkomentar di salah satu blog dan tak disangka ada orang yang membalas komentar itu dengan menawarkan kesempatan kerja, sayang saya terlambat balik ke blog itu, walau biasanya untuk komentar tertentu saya bookmark atau bahkan saya save.

Jadi haruskan ngeblog seperti cinta monyet ?, itu tergantung pribadi masing-masing. Perbedaan itu sudah biasa yang tidak biasa itu orang yang tidak bisa menerima perbedaan.

Setiap orang pasti punya motivasi dan tujuan masing-masing dalam ngeblog jadi wajar saja jika dalam perjalanan ngeblog diwarnai pergesekan dan perbedaan pandangan dengan blogger lain, tapi yang paling penting bagaimana menyikapi perbedaan itu, jika cuma bisa perpikir dengan otak sempit segala sesuatunya pasti jadi emosi.

Meminjam istilah dari artikel yang saya baca "Nothing in life is black or white", Are they guilty of being different from us? Can you handle these differences ?.

Maaf jika ada yang merasa tersinggung dengan tulisan ini, saya tidak bermaksud ke arah itu, dan jika saya agak jarang mengunjingi balik blog teman-teman karena sekarang saya sedang mengerjakan sesuatu yang harus segera selesai. Jika ada yang mau berkomntar slahkan saja walau mulai jarang mengurus blog ini tapi semua komentar masuk saya teruskan ke email saya jadi secepatnya saya coba balas komentar anda, dan buat teman-teman yang meninggalkan jejak dishoutmix mohon dimaklum jika saya aga telat berkunjung balik, No ewhore please because I don't care at all.

Jangan tersinggung dengan posting ini, saya tidak menyidir atau menyinggung blogger yang dulu pernah berkunjung kesini dan sekarang sudah jarang, tapi memang ada beberapa kejadian terutama masalah link ex, selain itu berdasarkan komentar2 blogger lainnya di blog tertentu yang terlihat sedang terjadi kesalahpahaman, itulah alasan posting saya kali ini

16 comments:

alamendah said...

(maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
Saya juga terkadang merasakan itu. Ada beberapa pengunjung yang dulunya menjadi komentator rutin sekarang gak pernah muncul. Utk bloghicking (demiian saya mengistilahkannya), saya paling males mengunjungi blog yang loadingnya lama banget. Soalnya koneksi saya lelet sekali.

kamar360 said...

@alamendah, posisi aman kang hahaha
sama kang koneksi juga lagi parah ni apalagi sabtu minggu gini, mau komentar ditempat lain aja gagal terus

nada said...

mantabs gan

Blog Kesuksesan Hidup said...

Hihihihi...Blogger seperti cinta monyet?

Pengalamam yang sahabat rasakan, juga pernah saya rasakan, dimana hubungan yang dulu erat, lama kelamaan mulai renggang.
Ada beberapa alasan memang, tapi yang sangat saya sesali ketika alasan itu adalah kesalahpahaman... Sangat disesali ketika hubungan yang dulu erat menjadi renggang hanya karena kesalahpahaman...

Blog Kesuksesan Hidup said...

Mengenai link exchange, ini juga bisa menjadi alasan renggangnya hubungan diantara sesama blogger.
Pada masalah ini, yang paling saya soroti adalah adanya ketidakjujuran.
Memang alasan untuk saling bertukar link bukan hanya dalam rangka meningkatkan kualitas blog (PR, backlink dll), namun juga untuk tetap menjalin hubungan sesama blogger.
Namun yang saya sesalkan adalah ketika seorang blogger yang sudah mengetahui bahwa:
- Meletakkan link di subpage
- Meletakkan link di Blog lain
- Meletakan link seolah olah di homepage, namun sebenarnya diletakkan di blog lain dengan menggunakan "iframe"
- Meletakan link di homepage namun menggunakan rel="nofollow"
adalah hal-hal yang tidak sepantasnya dilakukan terhadap sahabat lain yang memasang linknya di homepage, tapi tetap melakukan hal-hal tersebut.
Inilah yang saya sebut sebagai ketidakjujuran...

Bgaimana kita membangun hubungan yang baik ketika hubungan itu dibangun diatas ketidakjujuran?

Namun sudahlah, karena menurut pendapat saya, ada hal-hal yang memang tidak harus kita pertahankan...

Makasih... Sukses Selalu untukmu sahabat....

kamar360 said...

@Blog Kesuksesan Hidup, bener sob kadang gara2 salah paham aja, tapi ga semua orang mau terus terang apa masalahnya, ada juga yang pilih pergi tanpa menjelaskan

Bener sob kalo dari awal dah ga jujur kayanya repot, tergantung masing2 pribadi lah, susah juga buat maksa orang

raiderhost said...

sepertinya menyinggung saya niech :D

xixix ....

saya sendiri akhir2 ini dilanda kemalasan utk langsung menuju TKP bebrapa blog .. tetapi bukan b'arti saya meninggalkan blog sobat blogger lain karena saya lebih sering baca lwat google reader, yg pasti ketika mereka update selalu saya baca [klo feed mereka full seperti blog ini]. dan hanya ke blog langsung klo ingin meninggalkan komentar.

loyalitas blogger menurut saya sendiri di dapet jika kita sendiri mampu menjaga kualitas konten [analisis terhadap raiderhost.com kmrin] karena terlalu banyak konten repiew dan tembakan keyword] jadi sepi juga komentarnya :D ]

klo link exchange saya terbuka penuh .. selama mereka menaruh di home/index php, klo page sendiri saya juga akan pasang di page selama mereka pasang duluan :D [setuju dengan komentar blog kesuksesan hidup] kadang juga kok sempat berpikiran apa mereka juga berharapa dapet backlink lebih dari sekedar pertemanan ?? :D

yg penting nulis saja terus mas .. kian lama pasti kian bnyk fansnya :D karena secara konten juga setiap blog mempunyai market sendiri2 :)

kamar360 said...

@raiderhost, hahah ni dia yang ditunggu turun juga hahah, ga nyinggung sob cuma nyindir wkwkwk, sy tau yang 1nya orang yang pernah bilang mau langganan cuma si akang raiderhost

Aneka Tips said...

Yang sabar aja mas...namanya juga manusia "Habis manis sepah pun dibuang". Dulu juga banyak yang awalnya ngerengek tukar link, ketika pagerank mereka sudah naik, mereka malah ngehapus link blog saya :D . Tapi ya sudahlah, namanya juga manusia :D.

kamar360 said...

@Aneka Tips, walah2 lebih tragis xixixi
ya bener begitulah manusia.
Yang penting ngeblog aja lah, karena sy juga ga terlalu mikirin PR

linduaji said...

berkunjung..
untung blog saya masih kosongan jadinya ya enteng2 aja (...mmm...kayaknya sih begitu :-) )

Aneka Tips said...

Update nih bos :D

Unknown said...

iya juga ya..kalo saya seringnya karena kesibukan mas..udah coding seharian mau buka2 blog kadang2 udah males hehe..maafin ya mas..

irvan said...

@devxecutor, hahah sy ngerti sob sy juga sama ko
Bukan masalah itu sebenernya yang sy soroti yaitu masalah salah pahamnya, kalo mau berkunjung atau ga itu kan tergantung kita juga

BeLajaR said...

Bkunjung...

klo saya masih gaptek, g paham ttg PR.
ngeblog juga masih tahap pemula yg baru belajar menulis.
Klo Pekerjaan Rumah, ya banyak aja. :D

klo saya, pasang link blog lain untuk memudahkan saya berkunjung...
meskipun pada kenyataannya, kesempatan saya hanya untuk add postingan aj. Seringnya OL di HP, ga kuat budget klo terlalu sering jalan2...

Tertarik untuk google reader, tpi ga tau caranya.
klo RSS Feed,,, apa gunanya ya?
Maafkeun,,, kunjungan pertama udah banyak nanya dan komen... :D

Daftar Blogger Indonesia said...

koneksi saya juga empot empotan... hihihihih...
tapi bersukur walaupun blog saya rame and warna warni ga jelas tapi ga terlalu berat untuk di buka...
saya pake HP modem Smart yang batas aksesnya hanya 155kbs aja lho.. tapi kalo buka blog saya ga beegitu berat..

Saya membuat ajang pertukaran link dengan cara berbeda... karena saya lebih mementingkan kebutuhan pengunjung...memang blum sempurna 100% saya selesai saya realisasikan.
Saya membuat daftar Link Blogger untuk mengkatagorikan blog sesua dengan tema atau topik yang paling mendekati blog tersebut.
hal ini saya lakukan untuk mempermudah visitor sya untuk menjelajah atau mencari informasi yang berkaitan dengan tema blog dan topik blognya/ bahkan menemukan link blogger yang belum pernah di kunjunginya...
..,

Jika berkenan mampir ya temen2