Pages

Sep 15, 2009

Kebiasaan Mabuk Saat Malam Takbiran Dan Lebaran

Dimalam takbiran dimana jutaan orang merayakan kemenangan setelah berpuasa menahan haus, lapar, nafsu dsb, tapi bagi sebagian orang malah merayakan dengan cara yang "aneh" yaitu dengan meminum minuman beralkohol akhirnya mabuk.

Kebiasaan yang satu ini dulu sangat sering saya lihat di kampung halaman saya , tapi sekarang sepertinya sudah berkurang, karena generasinya sudah berganti, berbeda dengan keadaan waktu saya kecil dulu.

Mabuk, dalam pengertian umum, adalah keadaan keracunan karena konsumsi alkohol sampai kondisi di mana terjadi penurunan kemampuan mental dan fisik. Gejala umum antara lain bicara tidak jelas, keseimbangan kacau, koordinasi buruk, muka semburat, mata merah, dan kelakuan-kelakuan aneh lainnya. Seorang yang terbiasa mabuk kadang disebut sebagai seorang alkoholik, atau "pemabuk". Sumber : Wikipedia

Biasanya mereka mencampur minuman itu dengan bahan-bahan lain seperti alkohol murni atau spiritus, mungkin maksudnya supaya lebih banyak dan murah, padahal mereka ga sadar bahwa ini sangat membahayakan. Bukankah beberapa waktu yang lalu di televisi kita lihat banyak sekali orang yang keracunan akibat minuman oplosan bahkan sampai mengakibatkan kematian.

Kenapa ya orang-orang suka mabuk disaat malam takbiran (bagus jika anda belum pernah liat), mangnya ga bisa nunggu dihari-hari yang lain kalau memang dah kebelet. Beberapa tahun yang lalu tepat di malam takbiran, saya main kerumah salah satu sahabat saya dan disana banyak anak muda yang lalu lalang, akhirnya ada juga beberapa orang yang menghampiri sambil membawa sebuah bungkusan, kemudian dia bilang "mau ga ?", saya tahu maksudnya yang dia tawarkan adalah minuman keras batu karena dia sendiri sudah lumayan mabuk, ah saya pikir ni orang ada2 aja, kalau mau mabuk besok2 aja lagi deh, karena dia terlihat memaksa akhirnya saya cari akal kemudian saya bilang "Udah Ko tadi gue minum disana" (beneran mang saya dah minum dari rumah tapi minum air putih maksudnya) orang mabuk ini booingin aja :D, tadinya kalau dia masih ga percaya saya mau bilang "Ni cium aja nafas gue !!" pasti dia juga ga bisa bedain mana orang yang nafasnya bau alkohol atau bau Naga

Ada orang yang mabuk lalu bilang "Ga enak sama temen makanya ikutan mabuk juga", soalnya kalo ga mau, tar dibilang ga setia kawan ga solder solider, Kalau saya sendiri justru sebaliknya setiap ada temen yang bilang gitu saya langsung bilang "Bukannya temen terlebih sahabat itu ga pernah maksa ?". Kalau dia bilang kita ga setia kawan lalu mana kesetia kawanan dia menghargai pendapat/pendirian kita yang ga mau ikutan mabuk, itu mah bukan setia kawan kali tapi doyan bin hobi maksa. Coba anda balik "Ah lo juga ga setia kawan, masa gue ga mau mabuk paksa2 " mau ga tu orang kalo kita bilang gitu, huh kayanya susah. Jadi apakah itu bentuk kesetia kawanan.

13 comments:

Rival Aditya said...

wah gk betul tuch seharusnya kan mengumandangkan takbir koq malah mabuk2an.....nice posting sob...lam kenal..

JT said...

bagus menjelang LEBARAN ni...

aduh kalo bisa di hari yg lain juga jangan MABUK jg donnnnk :DDD

Planet Jingga said...

bulan suci ini kq mabuk2an...
solider2 juga, masa temen ga mau masih maksa..sy juga tidak suka kalau ada temen yang maksa memberi minuman, wlu sedikit.

Aneka Tips said...

Wah kalau mabuk malam takbiran kayanya emang udah jadi tradisi bagi sebagian orang...harusnya merka mengerti arti lebaran itu ya :).

vie_three said...

iya gak setuju aq kalau malam takbiran dirayain dg mabuk2an.

nur ichsan said...

mohon maap lahit batin...

met idul fitri..

raiderhost said...

seperti malam pembalasan buat setan2 yg telah bebas setelah dipenjara selama bulan ramadhan :D

blog buat bloggers said...

mungkin bagi mereka mabuk-mabuka sebagian dari kebahagiann idul fitri sob.

nice blog

VB6MANIA said...

Semoga Allah senantiasa menunjukkan jalannya bagi kita yg beriman..amin
Met Hari Raya Idul Fitri Mohon Maaf Lahir dan Batin

asep canda said...

Aduh sebaiknya mabuknya ntar aja dech klw udah beres lebaran xixixixixixi

andif said...

selamat hari raya mohon maaf lahir dan bathin

Saung Web said...

Semoga yang masih suka mabuk di malam takbiran.. segera mendapatkan hidayah dari Allah SWT..

lutfhie fadhillah said...

Malam takbiran mabok gpp..

Asalkan Paginya bisa sehat dan ikut lebaran

--------
oya.. Met lebaran yaa ^^